Sukabumi Update

HUT ke-78 RI, Dinsos Sukabumi Salurkan Bantuan untuk Penyandang Disabilitas

Forkopimcam bersama Dinsos dan penyandang disabilitas di Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, dalam perayaan HUT ke-78 RI. (Sumber : SU/Ibnu)

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam mendukung perayaan Hari Kemerdekaan ke-78 RI, Dinas Sosial atau Dinsos Kabupaten Sukabumi bersama Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Parungkuda berkolaborasi untuk memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas, di Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (17/08/2023).

Ina Siti Nurjanah, yang mewakili Dinsos mengungkapkan kebahagiaan mereka dalam memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Ini merupakan momen berharga bagi kami karena masyarakat yang membutuhkan selalu mendapatkan bantuan dari stok barang yang tersedia di Dinas Sosial. Setiap pengajuan yang diajukan oleh masyarakat disesuaikan dan dapat kami layani dengan baik," ujar Ina kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Dinsos Beri Bantuan untuk Keluarga Korban Kebakaran di Waluran Sukabumi

Ia menyatakan, salah satu bentuk bantuan yang diberikan adalah 3 unit kursi roda untuk penyandang disabilitas di Desa Palasarihilir.

"Meskipun pengajuan bantuan banyak, upaya dilakukan untuk menyediakan bantuan sesuai dengan kebutuhan mendesak," kata dia.

Menurut Ina, kerjasama erat antara TKSK Kecamatan Parungkuda, bidang rehabilitasi Dinas Sosial, dan Sentra Palamarta Cibadak Kementerian Sosial menjadi kunci dalam memastikan bahwa bantuan dapat diberikan dengan tepat sasaran.

"Data mengenai kebutuhan masyarakat dihimpun melalui Puskesos desa dan pihak RT," jelasnya.

Namun, sambung Ina, dalam memberikan bantuan tidak selalu mudah. Ia lanjutnya menceritakan, "Kami menghadapi tantangan mobilitas dalam memberikan bantuan. Kadang-kadang harus turun ke lapangan untuk memastikan bahwa alat bantu yang diberikan sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, ada nenek yang rumahnya sulit dijangkau. Keluarganya harus turun tangan untuk membantu kami dalam pengambilan bantuan," ungkapnya.

Lanjutnya, dengan harapan agar semua kebutuhan penyandang disabilitas dan bantuan lainnya di Sukabumi dapat terpenuhi, Ina menekankan pentingnya peran masyarakat dalam memberikan informasi yang akurat.

"Kami berharap peran masyarakat tetap terjaga, karena tanpa informasi dari mereka, bantuan yang ada di Dinas Sosial tidak dapat tersampaikan dengan baik," pungkasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT