Sukabumi Update

Kala Merah Putih Berkibar di Tengah Tumpukan Sampah TPA Cikundul Sukabumi

Momen warga dan pengepul sampah upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di TPA Cikundul Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan warga yang tergabung dengan Komunitas Vespa dan pemulung melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikundul, Kota Sukabumi, Kamis (17/8/2023).

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI itu berlangsung khidmat meski bau tak sedap dari gunungan sampah menyelimuti para perserta upacara. Diketahui, upacara di TPA Cikundul ini diinisiasi oleh Scooter Owner Group (SOG) Sukabumi.

Ketua SOG Sukabumi Sally Ardiansyah mengatakan, pihaknya sengaja memilih lokasi upacara di TPA tersebut dengan harapan agar para pemulung dapat merasakan hak kemerdekaan yang sama.

"Jadi kami sengaja mengadakan upacara bendera di tempat pembuangan sampah akhir di Kota Sukabumi. Kita mengajak agar teman-teman kita (pemulung) juga merasakan momen kemerdekaan," ujar Sally kepada awak media di lokasi.

Baca Juga: Warga RW 05 Karang Tengah Kota Sukabumi Laksanakan Upacara HUT Kemerdekaan RI

Setelah gelaran upacara bendera, Sally menyebut pihaknya juga memberikan sejumlah bantuan sembako bagi para pengepul sampah. "Untuk merasakan kemerdekaan dan penghormatan kami bagi mereka. Kemerdekaan itu kan hak segala bangsa," ucapnya.

Sementara itu, Dayi Iskandar seorang pengepul sampah mengaku baru pertama kali merayakan upacara di kemerdekaan di TPA Cikundul. Baginya, perayaan hari kemerdekaan tahun ini memiliki kesan yang berbeda dengan perayaan kemerdekaan di tahun sebelumnya.

"Upacara di tempat seperti ini ya baru pertama kali. Bisa mengikuti upacara walaupun kami sebagai pemulung tapi bisa upacara seperti yang lainnya. Berbeda lah," ucap Dayi.

Dalam kondisi keterbatasan, di momen perayaan hari raya kemerdekaan Republik Indonesia, ia berharap agar harga bahan pokok bisa seimbang dengan penghasilannya sebagai pemulung.

"Di momen kemerdekaan ini harapan kami semua dari pemulung ke depannya ingin harga barang rongsok naik agar seimbang dengan pendapatan dan pengeluaran kita," harapnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT