Sukabumi Update

Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 2023: Gratis, Terbuka Untuk Umum!

Ilustrasi. Lemdiklat Setukpa Polri | Cek Agenda Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 2023 (Sumber : Instagram/@dishubkotasukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 2023 menjadi salah satu rangkaian Peringatan HUT ke-78 RI. Setelah menyaksikan Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tingkat Kota Sukabumi di Lapang Merdeka pada Kamis, 17 Agustus 2023, masyarakat juga dapat mengikuti Kirab Budaya Merah Putih pada Minggu, 20 Agustus 2023.

Kirab Budaya Merah Putih di Kota Sukabumi terbuka untuk umum dan dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Masyarakat bakal memulai Kirab Budaya Merah Putih dari titik start Lapang Merdeka Kota Sukabumi menuju titik finish di Balai Kota Sukabumi.

Ilustrasi. Pawai | Cek Agenda Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 2023Ilustrasi. Pawai | Cek Agenda Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 2023

Adapun lengkapnya, Rute Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 2023 yakni:

  • Lapang Merdeka Kota Sukabumi-Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan Ahmad Yani, Jalan Gudang-Jalan RE Martadinata, Jalan Siliwangi-Jalan R. Syamsudin, SH-Balai Kota Sukabumi.

Baca Juga: Nama 139 Caleg DPRD Dapil IV Kabupaten Sukabumi Pemilu 2024

Di titik akhir Kirab Budaya Merah Putih, masyarakat bakal disuguhkan dengan berbagai penampilan salah satunya atraksi budaya dari tujuh kecamatan di Kota Sukabumi.

Secara detail, Agenda Kirab Budaya Merah Putih Sukabumi 2023 meliputi Marching Band Setukpa Lemdiklat Polri, Gema Suara Kota dan Marching Band MY. Kemudian ada juga penampilan dari Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Kontingen Tujuh Kecamatan, Komunitas, Sekolah dan Kafilah.

Oleh karena ada kegiatan Kirab Budaya Merah Putih, Lapang Merdeka Kota Sukabumi ditutup sementara pada Minggu, 20 Agustus 2023. Hal ini sesuai dengan informasi penutupan sementara Lapang Merdeka yang disampaikan Pemerintah Kota Sukabumi lewat unggahan akun Instagram @dokpimkotasukabumi pada Rabu (16/8/2023).

"Penutupan dilakukan Kamis, 17 Agustus 2023, dan Minggu, 20 Agustus 2023. Hal ini berkenaan akan dilaksanakanya rangkaian HUT ke-78 Republik Indonesia tingkat Kota Sukabumi," tulis caption yang menyebut 20 Agustus Lapang Merdeka digunakan Kirab Budaya Merah Putih, dikutip Sabtu (19/8/2023).

Baca Juga: Daftar 132 Caleg DPRD Dapil III Kabupaten Sukabumi untuk Pemilu 2024

Updaters yang ingin hadir memeriahkan Kirab Budaya Merah Putih, bisa datang sebelum pukul 07.00 WIB, ya! Semarak Hari Kemerdekaan!

Untuk diketahui, kirab adalah sebuah acara yang diikuti oleh banyak peserta dengan berjalan berbaris secara teratur dan beriringan.

Biasanya kirab sangat erat kaitanya dengan budaya lokal, yang mana para peserta mengenakan pakaian adat atau pakaian yang sengaja didesain unik. Meski berbeda, kirab identik dengan istilah pawai.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT