Sukabumi Update

Wali Kota Jalan Kaki Bersama Warga di Kirab Budaya Merah Putih HUT RI ke-78 di Sukabumi

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi saat berbaur bersama mengikuti rute Kirab Budaya Merah Putih dalam rangka HUT RI ke-78, Mingg 20 Agustus 2023 | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi berbaur bersama para rombongan dalam Kirab Budaya Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI ke-78) di Kota Sukabumi, Minggu (20/8/2023).

Setelah melakukan pelepasan kirab di titik start di Lapang Merdeka, kemudian Fahmi bersama rombongan mengikuti rute melalui jalan utama di Jalan Suryakencana, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gudang, Jalan RE Martadinata, Jalan Siliwiangi dan R Syamsudin SH dan finish di Plaza Balai Kota Sukabumi.

Dalam acara tersebut Wali Kota Sukabumi nampak didampingi Ketua TP PKK, Wakil Wali Kota, dan Sekretaris Daerah.

Baca Juga: HUT RI ke-78 di Ciemas Sukabumi, Dewan Batman Bicara Nasionalisme Pemuda

"Alhamdulillah, setelah sukses melaksanakan puncak peringatan HUT Kemerdekaan dengan pengibaran dan penurunan bendera merah putih, kini digelar Kirab Budaya Merah Putih,'' ujar Wali Kota seperti dikutip sukabumiupdate.com, Minggu (20/8/2023). 

Dengan Kirab Budaya Merah Putih ini, Wali Kota mengajak seluruh elemen masyarakat berbahagia dan bersukacita dalam memeriahkan HUT RI ke-78.

''Kirab budaya merupakan simbol harmonisasi budaya dengan berbagai keragamanya di kota tercinta, hingga tetap terjaga kerukunan,'' tuturnya.

Fahmi mengucapkan syukur, karena Kota Sukabumi meraih penghargaan sebagai kota paling toleran, simbol harmonisasi dan simbol kerukunan. Dengan kirab, menurutnya, menguatkan kebersamaan dan komitmen untuk memajukan dan menjaga bersama serta membangun bersama-sama.

Baca Juga: Protes Jalan Rusak, Warga Bakar Ban dan Tanam Pisang di Jalan Cicatih Cicurug Sukabumi

''Mari cintai sepenuh hati, ketika mencintai sepenuh hati akan membawa Kota Sukabumi lebih baik dari waktu ke waktu,'' imbuhnya.

Tak luput, Wali Kota mengucapkan terimakasih kepada jajaran panitia dan Polres Sukabumi Kota yang telah mengatur arus lalu lintas.

Kirab budaya diakhiri dengan atraksi kesenian budaya dari tujuh kecamatan di Balai Kota Sukabumi seperti barongsai, marching band hingga kesenian tradisional lainnya.

Asisten Administrasi Umum Setda Pemkot Sukabumi Iskandar menyebutkan peserta Kota Sukabumi diikuti oleh sekitar 2.500 peserta dari 31 komponen masyarakat seperti marching band Setukpa Lemdiklat, peserta budaya tujuh kecamatan dengan karakristik masing-masing, dan kafilah peserta MTQ.

"Pelaksanan peringatan HUT RI ke-78 dengan mengadakan kirab budaya merah putih bertujuan untuk menggelorakan semangat nasionalisme," ujar Iskandar.

Selain itu, kata Iskandar, Ada juga bentangan bendera 100 meter oleh siswa se-Kota Sukabumi.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT