Sukabumi Update

Aksi Heroik Warga Evakuasi Penyu Hijau di Pesisir Ujunggenteng Sukabumi

Momen aksi heroik warga evakuasi Penyu Hijau terdampar di pesisir Pantai Ujunggenteng Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor Penyu Hijau (Chelonia mydas) ditemukan terdampar di Pantai Ujunggenteng, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi pada Selasa (22/8/2023).

Hewan yang dijadikan ikon Kabupaten Sukabumi itu ditemukan terdampar oleh warga yang sedang beraktivitas di sekitar lokasi penemuan pada pukul 14.00 WIB.

"Diperkirakan beratnya mencapai 45-50 kilogram dengan diameter 1 meter. Penyu tersebut terperangkap atau terdampar pada bagian batu karang yang airnya surut, sehingga tidak bisa berenang," kata Yudi Taufik Ismail, warga Desa Pasirpanjang, Kecamatan Ciracap, yang kebetulan sedang berada di lokasi kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Penyu Hijau Jantan Terdampar di Pantai Ujunggenteng Sukabumi

Yudi bersama dua warga lainnya kemudian bahu-membahu berupaya menyelamatkan penyu itu kembali ke laut lepas. "Namun kendalanya air lagi surut sehingga memerlukan waktu lama mencari bagian pantai yang agak dalam airnya. Lumayan capek juga, hampir 1 kilometer menggiring dan mengangkat penyu, agar bisa berenang kelaut yang dalam," ungkapnya.

Meski sempat kewalahan karena bobot penyu yang cukup berat, akhirnya hewan yang dilindungi tersebut berhasil dilepasliarkan ke habitatnya.

"Hampir 30 menit, kami bersama warga mengevakuasi penyu tersebut, agar bisa kelaut lepas. Alhamdulilah bisa kembali kelautan, tanpa ada cedera atau luka," imbuhnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT