Sukabumi Update

Jalan Penghubung Dua Desa di Cidolog Sukabumi Rusak, Warga Minta Perbaikan

Kondisi jalan penghubung Desa Mekarjaya dan Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi yang rusak. (Sumber : Istimewa)

SUKABUNIUPDATE.com- Jalan kabupaten yang menjadi penghubung Desa Mekarjaya dan Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi mengalami kerusakan di beberapa titik. Ruas ini juga tembus ke sejumlah desa di Kecamatan Cidadap.

Warga di Kecamatan Cidolog sudah beberapa kali melakukan aksi penanganan dengan menambal, bahkan jalan tersebut sudah diusulkan untuk dilakukan perbaikan.

Dari data yang diperoleh sukabumiupdate.com, pembangunan ruas jalan ini dimulai pada November 2019 silam melalui program Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia senilai Rp 20 miliar.

Baca Juga: Pesona Bebatuan Unik di Curug Caweni Sukabumi, Terlihat Jelas saat Kemarau

Anggaran tersebut, bersumber dari APBN dan pengerjaannya dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. Ruas ini memiliki panjang sekira 13 kilometer, lebar 3,5 meter, dan keseluruhan badan jalan mencapai 5 meter.

"Usia jalan baru tiga tahun dibangun sudah mengalami rusak. Kerusakan di beberapa titik, mulai dari Cigulusur Desa Mekarjaya hingga Kampung Cibeber Desa Cikarang," ujar Anwar warga setempat kepada sukabumiupdate.com, Jumat (25/8/2023)

“Kami tiap tahun, bahkan tiap bulan, melakukan gotong royong sama warga, melakukan penambalan dengan batu secara swadaya, karena kondisi jalan amblas, dan banyak lobang. Musim hujan banyak kendaraan yang nancab pada lumpur, begitupun kondisi musim kemarau seperti ini, jalan penuh debu, sehingga licin. Mohon kepada pemerintah agar memperhatikan keluhan warga ini, kami merindukan jalan yang layak," imbuhnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala UPTD PU Wilayah Sagaranten, Dedi Junaedi mengatakan bahwa jalan kabupaten tersebut setiap tahunnya sudah pihaknya usulkan untuk diperbaiki.

"Jalan rusak di wilayah kerja UPTD PU Sagaranten, semuanya sudah diusulkan, termasuk jalan penghubung Desa Mekarjaya - Desa Cikarang," ujarnya singkat.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT