Sukabumi Update

Pengguna Tol Bocimi Sukabumi Melonjak hingga 38 Persen

Lalu lintas harian (LHR) di Tol Bocimi meningkat hingga 38 persen sejak mulai pengoperasian | Foto : Dok.Su

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak pengoperasian ruas Tol Bocimi Seksi II (Cigombong-Cibadak) pada tanggal 6 Agustus 2023 lalu, terdapat peningkatan Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) di ruas Tol Bocimi.

Hal itu diketahui dari pernyataan yang disampaikan oleh pengelola Tol Bocimi Sukabumi yaitu PT Waskita Karya Tbk (Persero) melalui akun resminya @waskita_tolroad pada Kamis 24 Agustus 2023.

Menurutnya, peningkatan lalu lintas di Tol Bocimi mencapai hingga 38 persen dengan capaian LHR tertinggi hingga 35 ribu kendaraan pada akhir pekan.

Setelah sebelumnya diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 4 Agustus 2023, Kemudian Tol Bocimi Sukabumi mulai dioperasikan tanpa tarif mulai 6 Agustus 2023.

Baca Juga: 8 Kecamatan Paling Timur di Sukabumi yang Berbatasan dengan Cianjur

Diketahui, pengoperasian itu memang lebih cepat dari jadwal sebelumnya karena minat pengguna jalan Tol Bocimi cukup tinggi, seperti disampaikan Site Quality Safety Health Environment Manager PT Waskita Karya Aswin Januar.

"Karena tingginya minat pengguna jalan tol ini, maka kami mengambil kebijakan untuk mengoperasionalkan lebih awal yakni pada Minggu sekitar pukul 14.00 WIB," ujar Aswin Januar di Sukabumi.

Dengan beroperasinya Tol Bocimi Sukabumi telah mempermudah mobilitas masyarakat untuk melakukan perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi dan sebaliknya.

Sebelumnya perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi memakan waktu hingga lebih dari 5 jam. Namun dengan adanya Tol Bocimi dari Ciawi hingga Cibadak, kini pengguna jalan dapat memangkas waktu tempuh menjadi 2,5 jam.

Baca Juga: Ini Bocoran Formasi dan Gaji Pegawai di Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Dengan kemudahan mobilitas dan lancarnya konektivitas, yang menciptakan efisiensi dalam waktu distribusi diharapkan dapat mendorong perekonomian masyarakat baik dari sektor industri, barang dan jasa.

Dari pantauan sukabumiupdate.com pada pekan pertama setelah pengoperasian, para pengguna jalan menceritakan pengalamannya terkait efektivas waktu perjalanan Jakarta Sukabumi. seperti dikatakan Irwan, ia berangkat dari Bekasi sekira pukul 16.30 WIB, tiba di pintu Tol Bocimi Seksi 2 di Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, sekira pukul 18.00 WIB atau memakan waktu satu jam tiga puluh menit (1,5 jam). Menurutnya, perjalanan berjalan lancar.

"Dengan perjalanan yang lancar, saya sudah sampai di gerbang tol Parungkuda sekitar jam enam sore. Saya harap pengendara di wilayah ini juga tetap berhati-hati saat berkendara dan mematuhi aturan lalu lintas, meski terlihat lancar. Informasi cuaca cerah juga memberikan kondisi ideal untuk perjalanan yang aman dan nyaman," ujarnya.

Saat ini penggunaan jalan Tol Bocimi Seksi II (Cigombong–Cibadak) masih gratis. Ditargetkan akan bertarif pada bulan September 2023 ini.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT