Sukabumi Update

Progres Mencapai 98 Persen, Jembatan Cicewol Sukabumi Segera Diresmikan

Dinas PU dan BPBD meninjau progres pembangunan Jembatan Cicewol yang akan diresmikan pada tangga 3 September 2023 | Foto : Sy

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pekerjaan Umum (PU) bersama BPBD melakukan peninjauan proyek pembangunan Jembatan Cicewol yang berada di Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Kamis (31/08/2023).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Kabupaten Sukabumi, Asep Japar mengatakan pihaknya bersama BPBD melakukan peninjauan dalam rangka memastikan kesiapan rencana peresmian Jembatan Cicewol oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami yang rencananya akan dilaksanakan pada 3 September 2023. 

Menurutnya, proyek pembangunan Jembatan Cicewol yang menghubungkan Kecamatan Cidahu dan Kecamatan Cicurug itu mulai dibangun sejak tanggal 10 Mei 2023 dengan menggunakan anggaran BNPB sebesar Rp2,7 Miliar. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada penyedia jasa yang sudah mempercepat pembangunan jembatan tersebut dari jadwal yang ditetapkan selama 180 hari (6 bulan).

Baca Juga: Nahas, Motor dan Gerobak Pedagang Tahu Bulat di Sukabumi Ludes Terbakar

"Progresnya diperkirakan sudah mencapai 98 persen, dipastikan pada saat peresmian tanggal 3 september sudah 100 persen," kata pria yang biasa dipanggil Asjap itu kepada sukabumiupdate.com, Kamis (31/08/2023).  

Sebelumnya, kata Asjap, telah disampaikan bahwa Jembatan Cicewol akan mulai efektif digunakan pada tanggal 5 september 2023. Makanya, peresmian dilaksanakan sebelum tanggal tersebut. 

Namun menurutnya, setelah diresmikan ada jeda hingga tanggal 23 September untuk tidak dilintasi oleh kendaraan dengan tonase berat. 

"Setelah diresmikan pada tanggal 3 september sekitar 20 hari tidak boleh dilintasi dulu oleh kendaraan bermuatan berat untuk menjaga stabilitas struktur bangunan jembatan," ungkapnya. 

Baca Juga: Akhir Agustus, KPPN Sukabumi Salurkan Dana TKD Sebesar Rp4,5 Triliun

Asjap berharap dengan dibukanya Jembatan Cicewol bisa kembali memulihkan mobilitas perekonomian masyarakat yang sempat terganggu dengan adanya pembangunan jembatan akibat sebelumnya tertimpa bencana.

"Alhamdulillah, nanti lalu lintas bisa lancar serta mobilitas masyarakat kembali pulih," pungkasnya. 

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT