Sukabumi Update

Dua Lumba-lumba Renang di Pantai Cikadal Sukabumi, Dibantu Didorong Kembali ke Laut

Tangkapan layar video dua ekor lumba-lumba berenang di Pantai Cikadal, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jumat, 1 September 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dua ekor lumba-lumba terlihat berenang di perairan Geopark Ciletuh Sukabumi. Mamalia laut yang terkenal cerdas ini tepatnya menampakkan diri di Pantai Cikadal, sekitar Pulau Mandra, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Lumba-lumba berukuran cukup besar itu terlihat oleh warga sedang berenang pada kedalaman air kurang lebih 50-60 sentimeter, Jumat, 1 September 2023, sekira pukul 15.00 WIB. "Saat lagi main di Pantai Cikadal melihat dua lumba-lumba, diperkirakan terdampar," kata Yusup Oppa, warga setempat.

Kepada sukabumiupdate.com, Yusup mengatakan lumba-lumba tersebut sebenarnya terlihat kesulitan berenang karena kedalaman air tidak sesuai dengan ukuran tubuhnya. Alhasil, warga dan pengunjung membantu mendorongnya ke tengah laut menuju perairan yang lebih dalam.

Baca Juga: Lereng Gunung Walat Sukabumi Terbakar, Petugas Berjibaku Padamkan Api

"Di pantai ini memang sering terlihat lumba-lumba, bukan kali ini saja. Kedua lumba-lumba itu sekira pukul 17.48 WIB, sudah tidak terlihat lagi, berenang ke laut lepas," katanya.

Sebagai informasi, kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi atau lengkapnya Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) tersebar di 74 desa di delapan kecamatan Kabupaten Sukabumi yakni Cisolok, Cikakak, Palabuhanratu, Simpenan, Waluran, Ciemas, Ciracap, dan Surade.

 

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT