Sukabumi Update

Tuntaskan Program Unggulan, Pemkot Sukabumi Bangun 29 Kelurahan Sport Centre

Kepala Bidang Olahraga Disporapar Kota Sukabumi Ganjar Ramdani Saputra. | Foto: Website Pemkot Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Bidang Olahraga Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi Ganjar Ramdani Saputra pada 31 Agustus 2023 menjelaskan pihaknya telah membangun 29 Kelurahan Sport Centre yang merupakan program unggulan Wali Kota dan Wakil Wali Kota bidang olahraga.

Ganjar menerangkan Kelurahan Sport Center atau dikenal pula dengan Lapang Renyah ditargetkan dapat terbangun di setiap kelurahan, namun saat ini masih terdapat empat kelurahan yaitu Kelurahan Citamiang, Gunungparang, Karamat, dan Nyomplong, yang belum memiliki fasilitas tersebut karena terkendala ketersediaan lahan.

“Alhamdulillah terbangun dari target 33 sudah 29. Yang belum terbangun ada empat lokasi karena terkendala lahan pemerintah yang belum tersedia. Kita sudah beberapa kali diskusi dengan kelurahan, jika ada tanah fasum atau fasos yang dihibahkan kepada pemerintah maka kita bisa bangun. Namun sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut," katanya.

Baca Juga: Pemilihan Duta Genre, Pemkot Sukabumi Dorong Lahirnya Pemuda Kreatif

Ditanya terkait perawatan Lapang Renyah, Ganjar menerangkan setelah terbangun dan diserahterimakan baik kepada kecamatan maupun kelurahan maka kewenangan pemeliharaan menjadi tanggung jawab mereka. “Kita kembalikan lagi pada pengguna. Dalam artian beberapa Lapang Renyah yang sudah terbangun kita sudah alih kepemilikan ke pihak kelurahan dan kecamatan, itu menjadi kewenangan mereka," ujarnya.

Ia melanjutkan dengan status Lapang Renyah yang telah diserahterimakan maka pihak kecamatan dan kelurahan pun bisa mengajukan anggaran untuk melakukan pemeliharaan.

“Pemeliharaan memang sudah tidak di kita. Jadi pada saat dibangun tahun ini misalkan, tahun depan pemeliharaan sudah tidak di kita. Ada beberapa diskusi dengan kecamatan dan kelurahan yang tidak memiliki dana pemeliharaan. Tapi karena sudah diserahkan kepada wilayah, mereka bisa mengajukan untuk pemeliharaan. Beberapa Lapang Renyah sudah kembali menarik penampilannya, bahkan melebihi ketika dibangun, dalam artian pemeliharaannya sangat baik," kata Ganjar. (ADV)

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT