Sukabumi Update

Picu Kebakaran dan Asap, Pemkot Sukabumi Larang Warga Bakar Sampah

Kebakaran di jalan Kabandungan Kota Sukabumi yang dipicu aksi bakar sampah (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Pasca kebakaran di lahan yang merampat ke bengkel las di Kabandungan Kota Sukabumi, pemda melarang warga bakar sampah selama musim kering atau kemarau. Himbauan ini menyebar cepat di grup-grup whatsapp warga, sejak Kamis pagi (7/9/2023).

Salah satunya diterima warga RT 4 Taman Asri Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole Kota Sukabumi. Pemkot minta warga tidak tidak membakar sampah atau alang-alang karena mudah memicu kebakaran lahan.

Berikut pesan berantai dari pemkot Sukabumi terkait pencegahan kebakaran lahan dan hutan akibat kemarau;

HIMBAUAN
Disampaikan dengan hormat kepada Rekan rekan para Ketua RW dan RT agar menghimbau kepada warga masyarakat untuk tidak membakar sampah, atau alang-alang karena saat ini kondisi cuaca sangat kering dan itu berpotensi menimbulkan kebakaran seperti terjadi di beberapa tempat di Kota Sukabumi termasuk malam ini depan royal kabandungan yang disebabkan membakar sampah.

Ketua RT 4 RW 14 Taman Asri, Herdie menjelaskan jika himbauan tersebut dari Lurah Subangjaya yang disebarkan melalui RW kemudian ke grup tingkat RT. “Tadi sudah disebar ke grup warga, kita menjaga agar tidak terjadi kebakaran lahan karena sekarang kering akibat kemarau,” ucapnya kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Berawal Bakar Sampah, Bengkel Las di Jalan Kabandungan Sukabumi Dilalap Api

Ini adalah langkah antisipasi, mengingat dalam beberapa hari ini terjadi sejumlah kebakaran lahan yang dipicu aksi bakar sampah. Terbaru di jalan Kabandungan, Keramat Gunungpuyuh Kota Sukabumi, pada Rabu malam, 6 September 2023/.

Api dari aksi bakar sampah, menjalar ke kebun dan akhirnya melumat bengkel las yang ada di lokasi kebakaran. Kobaran api sempat membesar dan bikin panik warga setempat, dan baru bisa dipadamkan setelah Unit Damkar Kota Sukabumi menerjunkan sejumlah armada dan petugas ke lokasi kebakaran.

 

 

 

 

 

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT