Sukabumi Update

Antisipasi Kericuhan Pilkades, Polres Sukabumi Kota Terjunkan 400 Personil

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Gelaran Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades di tujuh kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang berada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota akan diamankan sekira 400 personil Polisi.

Diketahui, ada enam Desa yang akan menggelar Pilkades pada 24 September 2023 mendatang di wilayah Hukum Mapolres Sukabumi Kota, di antaranya Desa Margaluyu dan Sukamekar Kecamatan Sukaraja, Desa Wanasari dan Desa Sudajayagirang Kecamatan Sukabumi, Desa Babakan Kecamatan Cisaat dan Desa Jambenengang Kecamatan Kebonpedes.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo mengatakan, walau hanya enam desa yang baru akan melakukan Pilkades, pihaknya akan menerjunkan sekira dua per tiga dari jumlah keseluruhan kekuatan personil yang dimiliki Polres Sukabumi Kota.

"Kita nanti dua pertiga walaupun nanti ini hanya enam desa, kita akan dua per tiga dari kekuatan kita, 700 sekian dua per tiganya kita turunkan," ujar Ari kepada sukabumiupdate.com pada Kamis (7/9/2023).

Baca Juga: Minta Panitia Bekerja Sesuai Aturan, Wabup Sukabumi: Pilkades Emosionalnya Tinggi

Adapun untuk persiapan pengamanan Pilkades, pihaknya mengaku sudah siap untuk mengamankan berjalannya proses Pilkades di enam desa tersebut agar berjalan aman dan kondusif.

"Insyaallah kita dari kepolisian udah siap, kemarin kita udah ngecek sarana prasarana juga, kita sudah siapkan personel juga untuk nanti melkasankan pengamanan, baik pengamanan pada saat pemilihan, sebelum ataupun setelah juga," kata dia.

Terlebih, untuk mengantisipasi adanya konflik sebelum dan sesudah masa pemilihan kepala desa itu, Ari menambahkan Pihaknya telah melakukan upaya-upaya preemtif dan preventif kepada para tokoh.

"Mudah-mudahan tidak ada (konflik) karena sudah dilakukan langkah-langkah preemtif dan prefentif dengan mengumpulkan para calon kepala desa tokoh masyarakat dan para tokoh agama, itu adalah salah saty usaha kita untuk mensukseskan agar berjalan aman, damai dan kondusif karena sudah ada kesepakatan di antara calon kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, panitia pelaksana dan timsuksesnya untuk mensukseskan acara ini," pungkasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT