Sukabumi Update

Menuju Graduasi Penerima PKH, Kota Sukabumi Launching Inovasi PKM Pelopor

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi me-launching inovasi KPM Pelopor di halaman Kantor Dinas Sosial, Kamis, 7 September 2023. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi me-launching inovasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Pelopor dalam rangka graduasi menuju graduasi mandiri penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di halaman kantor Dinas Sosial, Kamis, 7 September 2023.

Graduasi ini berakhirnya kepesertaan KPM PKH karena kondisi sosial ekonomi yang sudah meningkat dan dikategorikan mampu sehingga sudah tidak layak lagi mendapatkan bantuan sosial PKH. Selain graduasi KPM, dilakukan pula penyerahan simbolis komputer ke Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) kelurahan.

''Alhamdulillah di-launching inovasi KPM Pelopor dan penyerahan seperangkat komputer ke-33 puskesos kelurahan,'' ujar Fahmi.

Ia mengatakan inovasi diperlukan karena permasalahan angka kemiskinan dan warga pindah ke kota cenderung tinggi. Sehingga, kata Fahmi, perlu intervensi untuk menekan angka kemiskinan, salah satunya melalui PKH.

Baca Juga: HUT PSM ke-48, Dinsos Kota Sukabumi Buka Ragam Layanan Gratis

Namun, lanjut Fahmi, ketika sudah naik tingkat ekonominya rata-rata tidak bersedia dalam proses graduasi. Bagaimana caranya yang meningkat statusnya bisa graduasi mandiri dan perlu dilakukan sistem pendukung yang membuat mereka sadar.

Misalnya, kata Fahmi, membuat sistem KPM Pelopor. Nantinya mereka disiapkan untuk titik tertentu agar graduasi mandiri dan memotivasi para KPM yang ada di sekitarnya yang dulu jadi penerima jadi pemberi.

Fahmi mengatakan, masalah kemiskinan adalah masalah mental dan dalam KPM Pelopor memotivasi dengan cerita-cerita. Berharap yang jadi KPM pelopor mental dikuatkan dan dibangun jadi motivator dan inspirasi bagi KPM lainnya.

''Dimotivasi hingga siap secara mental, graduasikan para KPM,'' imbuh Fahmi. Agenda lainnya yakni Puskesos akan diberikan perlengkapan sehingga hal pendataan dan lainya bisa dilakukan dengan baik supaya terjadi perbaikan.

Ia menitipkan alat-alat ini jangan digunakan untuk yang lain. Selain itu para lurah dan camat siapka ruang untuk puskesos memberikan dukungan. Sehingga mampu intevensi masalah sosial di lapangan serta lurah dan camat ajak kolaborasi elemen masyarakat. (ADV)

Sumber: Website KDP Setda Kota Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT