Sukabumi Update

Kebakaran Lalap Toko Bangunan di Baros Kota Sukabumi, Pemilik Rugi Ratusan Juta

Kebakaran toko bangunan di Baros Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran menghanguskan toko bahan bangunan atau toko material di Jalan Raya Baros, tepatnya di Kampung Nangela, RT 01/07, Kelurahan Baros, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi. Dua bangunan yang diisi kayu jati, baja ringan dan sejumlah barang material lainnya hangus terbakar, Jumat (8/9/2023).

Diketahui, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13:30 WIB, saat toko sedang tutup. Pemilik menduga api berasal dari puntung rokok, pasalnya dalam bangunan yang diduga menjadi titik pertama api muncul itu tidak ada kabel atau aliran listrik.

Nurmila Rahman (36 tahun) anak pemilik toko material menuturkan berdasarkan keterangan orang tuanya, diketahui api mulai muncul di bangunan sebelah timur.

Baca Juga: Kampanyekan Stop Menyampah, Aktivis Sampah & TNI Tempuh 3141 Km dari Sabang ke Jakarta

"Sekitar jam 13:30, saya tau dari bapak saya sendiri, bapak sudah mengetahui duluan. Kalau kata yang laporan, api dari ujung (bangunan sebelah timur), itu kan nggak ada listrik yah di sana, jadi mungkin dari puntung rokok, kebetulan hari ini tutup," ujar Nurmila kepada sukabumiupdate.com di lokasi, Jumat (8/9/2023).

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi, Ujang Rustiandi mengatakan setelah mendapat laporan, pihaknya langsung menurunkan enam unit mobil pemadam kebakaran.

"Saat itu langsung kita kerahkan 6 unit mobil pemadam kebakaran langsung kita kerahkan ke lokasi, untuk dugaannya mungkin karena di atas bangunan ini ada perlintasan orang atau gang, diduga ada yang buang puntung rokok," ungkap Ujang.

Baca Juga: Gaet PMA, Wabup Sambut Kunjungan Duta Besar Negara Asing ke Sukabumi

Menurut Ujang, luas bangunan yang terbakar mencapai 250 meter persegi, dengan taksiran kerugian mencapai Rp 200 juta rupiah.

Kekinian kebakaran sudah dapat dipadamkan namun masih terlihat sedikit asap yang masih mengepul di sebagian ruangan.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT