Sukabumi Update

Bantuan Mengalir untuk Veteran Lansia Korban Kebakaran di Ciracap Sukabumi

Kapolsek Ciracap Iptu Tatang Mulyana menyerahkan bantuan kepada Ocim (93 tahun), korban kebakaran di Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (9/9/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Polsek Ciracap mendatangi korban kebakaran di Kampung Puncaksuji RT 29/07 Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (9/9/2023). Dia adalah Ocim (93 tahun), lansia pemilik rumah panggung berukuran 4x6 meter persegi yang habis terbakar bersama isinya.

Kapolsek Ciracap Iptu Tatang Mulyana bersama Ketua Ranting Bhayangkari Ciracap Lina Tatang serta anggota Bhayangkari lainnya mengunjungi Ocim pada Sabtu ini sekira pukul 15.00 WIB. Kedatangan tersebut adalah untuk menyerahkan bantuan kepada Ocim dan keluarganya atas musibah kebakaran yang dialaminya.

"Kegiatan baksos tersebut sebagai upaya membantu Bapak Ocim dan keluarga korban kebakaran rumah. Ini sebagai kepedulian dari kami, membantu memberikan bantuan berupa sembako dan santunan," kata Tatang kepada sukabumiupdate.com.

Kebakaran menghanguskan rumah Ocim sekira pukul 09.15 WIB dan diduga disebabkan korsleting listrik. Menurut keterangan saksi sekaligus tetangga Ocim, api kebakaran pertama kali terlihat sudah membesar di atas rumah atau bagian atap. Saksi dan warga lain kemudian memadamkan api menggunakan alat seadanya.

Kondisi rumah Ocim (93 tahun) di Kampung Puncaksuji RT 29/07 Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, yang mengalami kebakaran pada Sabtu (9/9/2023). | Foto: IstimewaKondisi rumah Ocim (93 tahun) di Kampung Puncaksuji RT 29/07 Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, yang mengalami kebakaran pada Sabtu (9/9/2023). | Foto: Istimewa

Baca Juga: Kebakaran Hanguskan Rumah Veteran Lansia di Sukabumi, Penghuni Diselamatkan Warga

Kepala Desa Purwasedar Defi Susandi mengatakan saat kebakaran Ocim berada di dalam rumah karena kondisinya sudah uzur dan memiliki keterbatasan dalam penglihatan. Dia dievakuasi warga dan berhasil diselamatkan ke tempat aman. Sementara istri Ocim yang bernama Hotim, ketika itu sedang berada di kebun.

Ocim dikenal sebagai mantan pejuang alias veteran yang ikut dalam perjuangan kemerdekaan di wilayah Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Ocim juga pernah menerima Piagam Tanda Kehormatan Veteran dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia pada 2021.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT