Sukabumi Update

Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi Berhasil Pertahankan Status Global Geopark

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menunjukan sertifikat Ciletuh Palabuhanratu kembali meraih status Global Geopark UNESCO. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke-153 pada hari ini 10 September 2023, Bupati Sukabumi Marwan Hamami memberikan kabar bahwa Geopark Ciletuh Palabuhanratu berhasil mempertahankan statusnya sebagai Global Geopark dari UNESCO.

Kabar ini disampaikan Bupati usai menerima langsung sertifikat keberhasilan mempertahankan status UNESCO Global Geopark tersebut untuk periode 2022 sampai 2025 dalam kegiatan THE 10th INTERNATIONAL CONFERENCE ON UNESCO GLOBAL GEOPARK yang diselenggarakan di M’Goun UNESCO Global Geopark, Kota Marrakesh Maroko yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 14 September 2023.

"Keberangkatan kami ke Maroko untuk menerima sertifikat pengakuan Ciletuh Palabuanratu selaku jejaring dari geopark dunia," ucap Marwan Hamami dihubungi melalui pesan aplikasi kepada tim media Diskominfosan Kabupaten Sukabumi, Minggu (10/9/2023). 

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 195 Anggota UNESCO Global Geopark yang berasal dari 48 negara delegasi itu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami juga melaksanakan berbagai aktifitas seperti pemaparan perkembangan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark, mengikuti acara Geopark Exhibition, hingga GGN General Assembly.

Baca Juga: Marrakesh Hancur Akibat Gempa Maroko, Kota Konferensi UGG yang Dihadiri Bupati Sukabumi

Pada kesempatan lain, Bupati juga melaksanakan penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sukabumi dengan Pemerintah Daerah Béni-Mellal-Khénifra, Maroko, berkaitan dengan pengelolaan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark dan M’goun UNESCO Global Geopark dengan substansi kerjasama meliputi 6 point kerjasama dalam rangka mempercepat proses pembangunan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark.

“Kegiatan ini saya yakini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi yang paling utama adalah memperkenalkan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark di tingkat dunia disamping itu juga untuk menggali saran dan masukan dari para ahli terkait geopark agar pengembangan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark dapat memberikan manfaat untuk kemajuan Kabupaten Sukabumi," kata Bupati Marwan. (ADV).

SUMBER: DOKPIM PEMKAB SUKABUMI

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT