Sukabumi Update

200 Meter Persegi Lahan Ilalang di Purabaya Sukabumi Terbakar

Kebakaran lahan alang-alang di Kampung Ciawitali RT 01/06 Desa Citamiang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Senin (11/9/2023) sore. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran lahan ilalang terjadi di Kampung Ciawitali RT 01/06 Desa Citamiang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Senin (11/9/2023) sekitar pukul 15.30 WIB.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan atau P2BK Purabaya, Yanto Prayitno mengatakan awal mula adanya kobaran api diketahui oleh kepala dusun setempat.

"Pertama api diketahui oleh pak Cacang Kepala Dusun Ciawitali saat melintas dari kantor Desa Citamiang menuju rumah, melihat kobaran api di lahan alang alang, selanjutnya pak Cacang melakukan pemadaman secara manual dan memberikan laporan kepada Forkompimcam Purabaya," ujar Yanto dalam keterangannya.

Baca Juga: Flare Prewedding Sebabkan Savana Terbakar, Kapan Wisata Gunung Bromo Buka Lagi?

"Selanjutnya saya bersama Forkompimcam turun ke lokasi melakukan pemadaman secara manual dengan alat seadanya," sambungnya.

Menurut Yanto, kobaran api berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.00 WIB. Adapun lahan yang terbakar sekitar 200 meter persegi. Yanto menyebut belum diketahui penyebab kejadian ini.

"Lahan ditumbuhi alang-alang atau ilalang seluas 1 hektare, cuma alhamdulillah baru terbakar 200 meter, keburu dipadamkan," ungkapnya.

Atas kejadian ini, pihaknya kemudian mengimbau kepada warga sekitar untuk tetap waspada dalam menghadapi musim kemarau tahun ini yang bisa berdampak pada krisis air bersih dan potensi terjadi kebakaran lahan dan hutan.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT