Sukabumi Update

Diduga Ulah ODGJ, Kronologi Kebakaran Rumah Singgah Dinsos Kota Sukabumi

Rumah Singgah Dinsos Kota Sukabumi kebakaran pada Senin malam, 11 September 2023. Rumah ini berlokasi di Ciaul Pasir RT 04/09 Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole. | Foto: Damkar Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran menghanguskan rumah singgah Multazam milik Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi pada Senin malam, 11 September 2023. Rumah ini berlokasi di Ciaul Pasir RT 04/09 Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole.

Berdasarkan data BPBD dan Damkar Kota Sukabumi, kebakaran terjadi sekira pukul 21.36 WIB. Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Zulkarnain Barhami mengatakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) menjadi pihak di balik perisiwa ini.

Zulkarnain mengatakan api diduga bersumber dari salah satu kamar ODGJ yang diamankan Dinsos di rumah singgah tersebut.

"Disinyalir kebakaran rumah singgah lantaran ulah salah satu ODGJ yang diamankan oleh Dinas Sosial membakar kasur. Hal ini terlihat dari sumber api bermula di kamar tengah persisnya pada kasur dan posisi jendela terbuka," kata dia dalam laporannya.

Baca Juga: Kebakaran Lahan di Ciracap Sukabumi, Kades Singgung Puntung Rokok dan Kesengajaan

Selain atap dan bahan bangunan yang terbuat dari kayu terbakar, Zulkarnain mengatakan perangkat komputer, kasur, lemari, satu set kursi tamu, dan pakaian, turut habis sehingga kerugian mencapai Rp 50 juta dengan luas terdampak sekitar 100 meter persegi.

Tidak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa ini karena ODGJ tersebut sempat kabur menyelamatkan diri. Api berhasil dipadamkan sekira pukul 22.35 WIB setelah datang beberapa mobil pemadam kebakaran.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT