Sukabumi Update

15 Hektare Lahan di Puncak Habibie Sukabumi Terbakar, Api Masih Menjalar

Kebakaran lahan dan hutan di kawasan Puncak Habibie Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. (Sumber : P2BK Cisolok)

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda kawasan Puncak Habibie, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Selasa (12/9/2023).

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cisolok Andri Firmansah mengatakan, awal mula api diketahui nelayan di Pantai Cikembang sekitar pukul 10.30 WIB. Si jago merah melumat alang-alang dan pohon bambu di atas lahan milik garapan warga di lereng gunung panggeleseran Cikembang Puncak Habibie.

"Wilayah ini dekat dari pemukiman warga, namun tidak menimbulkan korban luka atau jiwa dalam peristiwa ini. Lahan yang terbakar kurang lebih 15 hektare," kata Andri dalam keterangannya yang diterima sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Bacok Ayah Gegara Disuruh Bekerja, Pria di Sukabumi Jadi Tersangka

Andri menuturkan, penyebab kebakaran ini masih dalam penyelidikan. Hingga pukul 17.27 WIB, api masih menjalar dan sedang diupayakan pemadaman oleh tim gabungan yang terdiri dari Damkar, BPBD, TNI, Polsek Cisolok juga masyarakat setempat.

"Kami sudah berkoordinasi bersama perangkat Desa/Kecamatan, Koramil, Polsek, Satpol PP dan Dinas pemadam kebakaran guna melakukan pendataan serta memberikan himbauan ke masyarakat untuk tetap waspada akan kondisi saat ini yang mulai memasuki musim kemarau yang mengakibatkan rentannya kebakaran," pungkasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT