Sukabumi Update

Jumat 15 September, Pemkot Sukabumi Gelar Salat Istisqa di Lapang Merdeka

Lapang Merdeka Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Musim kemarau berkepanjangan yang sedang melanda sebagian besar wilayah Indonesia khususnya Kota Sukabumi, telah menyebabkan terjadinya kekeringan. Untuk meminta hujan, Pemkot Sukabumi berencana menggelar Salat Istisqa berjamaah di Lapang Merdeka, Jumat 15 September 2023 mendatang.

Rencana ini tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Sukabumi Nomor K1.02.01/1481/1/9/KESRA/2023 tentang pelaksanaan Salat Istisqa. Dalam surat yang diterbitkan pada tanggal 11 September 2023 itu, Wali Kota Achmad Fahmi mengimbau kepada seluruh warga masyarakat muslim Kota Sukabumi agar dapat mengikuti pelaksanaan Salat Istisqa yang diagendakan mulai pukul 07.00 WIB tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, rencana pelaksanaan solat istisqa di Lapang Merdeka ini merupakan kesepakatan dari hasil rapat bersama Forkopimda Kota Sukabumi. Adapun surat edaran tersebut, menindaklanjuti Surat dari MUI Kota Sukabumi Nomor 52/DP-MUI/X/2023.

"Ini adalah program gabungan antara MUI dan Pemda, kepanitiaannya juga sama pemda, setelah kemarin mengadakan rapat kita sepakat bahwa pemda kemudian kementrian agama, MUI, Dewan Masjid Indonesia (DMI) kemudian juga para pengurus DKM," ungkap Ketua MUI Kota Sukabumi, Aab Abdullah kepada sukabumiupdate.com saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (13/9/2023).

Baca Juga: Alasan Pemerintah Ubah Nama Hari Libur Isa Almasih Menjadi Yesus Kristus

Menurut Aab, pelaksanaan solat meminta hujan kepada Allah SWT ini akan dipimpin oleh kyai Ma'mun sebagai imam dan dia sendiri yang akan menjadi Khotibnya.

Aab kemudian berharap dengan adanya surat edaran, pelaksanaan salat Istisqa ini akan diikuti banyak jemaah seperti salat Idulfitri.

"Saya mengharapkan jauh lebih banyak seperti biasa melaksanakan idulfitri aja gambarannya seperti itu, sebab ini adalah program gabungan antara MUI dan Pemda," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Sukabumi Andri Hamami membenarkan terkait akan digelarnya salat istisqa di Lapang Merdeka tersebut.

"Hari Jumat mudah-mudahan bisa dilaksanakan ya, di lapang merdeka. Mudah-mudahan bisa dilaksanakan di sana, sambil berdoa semuanya," ucapnya singkat.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT