Sukabumi Update

9 Kebakaran Landa Cibadak Sukabumi dalam Sebulan, Camat Bilang Begini

Camat Cibadak, Abdul Naafi | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Di wilayah Kecamatan Cibadak telah terjadi setidaknya sembilan kali peristiwa kebakaran, terhitung sejak awal bulan Agustus hingga awal September 2023. Peristiwa kebakaran terjadi secara beruntun di beberapa lokasi, dari mulai kebakaran hutan, lahan, gudang rongsokan, rumah, kios, dan terbaru insiden kebakaran menghanguskan penggesekan atau penggergajian kayu.

Camat Cibadak, Abdul Naafi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang sudah sinergi dan terlibat dalam upaya pemadaman kebakaran dalam delapan kali peristiwa tersebut, salah satunya seperti pada kebakaran hutan di Gunung Walat.

"Saya mengapresiasi kolaborasi semua pihak, termasuk direktur Gunung Walat, petugas pemadam kebakaran, BPBD, relawan, serta pihak kecamatan dan desa yang bersatu untuk memadamkan kebakaran lahan tersebut," jelasnya kepada sukabumiupdate.com, (13/9/2023).

Baca Juga: Pemkab Belum Sepakati Ajuan Rp87 M Anggaran Pilkada Sukabumi 2024

Menurut Naafi, pihaknya juga sudah mengeluarkan himbauan secara tertulis untuk menjaga keamanan dari kebakaran ke tingkat desa dan kelurahan.

"Ini adalah langkah yang berjenjang dimulai dari Kabupaten ke kecamatan, dan kemudian ke desa. Tujuannya agar informasi mengenai pencegahan kebakaran dapat tersebar luas dan diterapkan oleh seluruh masyarakat," tutup Naafi.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat untuk senantiasa waspada dan bisa mengantisipasi potensi kebakaran. Sesuai pengalamannya, misalnya, jika kabel-kabel listrik sudah berusia cukup lama, kata Naafi, harus rutin diperiksa dan dimonitor agar tidak terjadi korsleting listrik.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT