Sukabumi Update

Lumba-lumba Mati di Laut Ujunggenteng Sukabumi, Ada Luka pada Kepala

Lumba-lumba yang ditemukan mati di perairan Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Kamis (14/9/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor lumba-lumba ditemukan mati di perairan Ujunggenteng, tepatnya di spot Bagalbatre, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Kamis (14/9/2023).

Ketua Rukun Nelayan Ujunggenteng Asep Jeka mengatakan mamalia laut yang terkenal cerdas ini diduga terdampar lalu ditemukan oleh nelayan dalam kondisi mati di sekitar Pantai Ujunggenteng sekira pukul 11.00 WIB.

"Ditemukan mengambang di pesisir Pantai Ujunggenteng, sekitar satu kilometer dari bibir air. Lumba-lumba tersebut sudah meninggal di tengah laut, kemudian terbawa ombak hingga ke pantai," katanya kepada sukabumiupdate.com.

Asep menyebut lumba-lumba itu berbobot sekitar satu kuintal dan panjang dua meter. Terdapat luka lecet pada kepala, dekat hidung, yang diduga akibat terkena batu karang. Tak ada bekas senjata tajam atau jaring nelayan.

"Saat ini sedang dievakuasi (untuk dikubur) oleh Pokdarwis Ujunggenteng, Rukun Nelayan Ujunggenteng, dan Satpolair Ujunggenteng," ujarnya.

Baca Juga: Dua Lumba-lumba Renang di Pantai Cikadal Sukabumi, Dibantu Didorong Kembali ke Laut

Sebelumnya, dua lumba-lumba terlihat berenang di perairan Pantai Cikadal, sekitar Pulau Mandra, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Lumba-lumba berukuran cukup besar itu terlihat oleh warga sedang berenang pada kedalaman air kurang lebih 50-60 sentimeter, Jumat, 1 September 2023.

Lummba-lumba tersebut terlihat kesulitan berenang karena kedalaman air tidak sesuai dengan ukuran tubuhnya. Alhasil, warga dan pengunjung membantu mendorongnya ke tengah laut menuju perairan yang lebih dalam.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT