Sukabumi Update

Kebakaran di Parungkuda Sukabumi, 1 Hektare Lahan Hangus Dilumat Api

Lokasi kejadian kebakaran lahan di Kampung Cijambe RT 03/07, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Kamis (13/9/2023). (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Lahan kosong yang dipenuhi ilalang seluas 1 hektare lebih terbakar di Kampung Cijambe RT 03/07, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kamis (13/9/2023).

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Parungkuda, M. Ramdan mengatakan, pihaknya menerima laporan kejadian ini sekitar pukul 12.30 WIB.

"Kebakaran melanda lahan seluas lebih dari 1 hektare dan dengan cepat menjalar, menghanguskan sebagian besar lahan," kata Ramdan kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Kebakaran di Gunung Manglayang Cireunghas Sukabumi, Pemadaman Api Pakai Ranting

Ramdan mengungkapkan bahwa penanganan kebakaran sedikit terkendala karena lahan yang luas serta ilalang yang lebat. Kendati demikian, api berhasil dipadamkan sekira pukul 13.15 WIB. Adapun penyebab munculnya api masih dalam penyelidikan.

"Untuk mengatasi situasi itu, koordinasi dilakukan dengan dinas damkar dalam upaya pemadaman," ujarnya.

Hingga saat ini, kata Ramdan, pemilik lahan tersebut masih belum diketahui, namun kabarnya merupakan orang dari Jakarta yang sudah lama tidak mengurus lahan tersebut, sehingga ilalang tumbuh dengan sangat lebat.

"Tdak ada korban jiwa dalam kejadian ini, dan tidak ada ancaman yang serius terhadap warga sekitar," tandasnya.

 

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT