Sukabumi Update

Dispar Pamerkan Aneka Potensi Pariwisata dalam Sukabumi Expo 2023

Stan pameran Dinas Pariwisata di Sukabumi Expo 2023. (Sumber : SU/Ilyas)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pariwisata atau Dispar Kabupaten Sukabumi memamerkan aneka Potensi Pariwisata di stan pameran mereka dalam event Sukabumi Expo 2023 di kawasan Lapang Canghegar, Kecamatan Palabuhanratu, 13-17 September 2023.

Bertema wisata budaya, Dispar tampilkan miniatur bangunan tradisional tempat menyimpan padi, yakni Leuit sebagai ikon stan mereka dalam kegiatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) Ke-153 itu.

"Kita ambil tema wisata budaya dengan ikon Leuit. Kita semua tahu keragaman dari potensi wisata kita salah satunya berupa wisata budaya," ujar Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kabupaten Sukabumi Luki Mufti kepada awak media, Rabu (13/9/2023).

Selain tampilkan tema wisata budaya itu, Dispar juga menggandeng para pelaku UMKM khususnya sektor ekonomi kreatif. "Ada subsektor Kerajinan Tangan (Kria), juga bahwa pelaku usaha pariwisata diwakili oleh Caldera rafting," jelasnya.

Baca Juga: Dispar Sukabumi: Seren Taun Magnet Unik dan Efektif Tarik Kunjungan Wisatawan

Luki kemudian berharap dengan Dispar memberikan kesempatan kepada para pelaku ekonomi kreatif, produknya bisa semakin terkspose oleh pengunjung Sukabumi Expo.

"Sehingga produknya bisa lebih dikenal oleh masyarakat. Pajangan ini bisa saja bertambah, memang ada beberapa minta ke kita untuk ikut memeriahkan di stand kita. Kita dengan sangat senang hati welcome untuk mereka memasarkan produk produk mereka di tempat kita," jelasnya.

"Tadi bisa dilihat ada pajangan dari kayu, itu namanya Subsektor kreatif, subsektor Kerajinan tangan (Kria), kita tahu bahwa ada 17 subsektor ekonomi kreatif, salah satunya adalah subsektor Kria itu. Ini adalah dari forum ekonomi kreatif Palabuhanratu," terangnya

Hasil karya ekonomi kreatif, kata Luki. salah satunya terdapat kerajinan tangan gantungan kunci. Bahkan produk tersebut sengaja dibagikan gratis kepada pengunjung yang mengunjungi standnya.

"Kita ingin lebih memperkenalkan, ingin mempromosikan salah satu  cara untuk mempromosikan melalui pameran di Sukabumi Expo ini. Kita lengkapi dengan brosur brosur papan informasi yang bisa mengekspor lagi tentang potensi pariwisata Kabupaten Sukabumi yang terkenal dengan tagline Gurilapss nya," tandasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT