Sukabumi Update

Terbanyak di Indonesia! 26.215 Puisi Karya Pelajar Kota Sukabumi Raih Rekor MURI

Pemkot Sukabumi mencatat rekor MURI penulisan puisi karya pelajar terbanyak di Indonesia. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Sukabumi, Punjul Saepul Hayat menyampaikan ucapan selamat kepada Kota Sukabumi yang berhasi memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) penulisan puisi karya pelajar terbanyak di Indonesia.

Penyerahan rekor MURI ini dilakukan di Plaza Balai Kota Sukabumi, Kamis (14/9/2023) oleh Senior Customer Relations Manager MURI Andre Purwandono, yang diterima Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

"Selamat untuk Kota Sukabumi yang telah memcahkan rekor MURI dengan karya puisi sebanyak 26.215 karya," ucap Punjul kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Di SMP Islam, Kadisdikbud Kota Sukabumi Bicara Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Dalam perspektif pendidikan, lanjut Punjul, pencapaian ini merupakan satu bentuk implementasi kurikulum merdeka dalam menciptakan rasa kecintaan peserta didik terhadap daerahnya sendiri.

"Kemudian mempunyai suatu karya yang langsung dibuat oleh para siswa, karena mayoritas tadi yang membuat karya itu adalah siswa," kata dia.

Menurutnya, satu hal yang lebih menarik dari pemecahan rekor itu adalah para peserta dapat mengeksplorasi berbagai hal yang belum diketahui sebelumnya terkait kesukabumian.

"Yang menarik bagi kami pertama pelajar didorong untuk mengeksplorasi khasanah terkait kesukabumian, karena ini masih begitu banyak yang belum tergali, seperti peninggalan sejarah, budaya, sosok pahlawan dan masih banyak yang lainnya yang belum tergali seperti dokter Syamsudin, siapa si beliau, kemudian Lettu Bakri, RA Kosasih dan masih banyak lagi," ungkap dia.

Punjul menyebut, Kurikulum meredeka dapat mengambil peran untuk mendorong siswa agar dapat berperan aktif dalam menggali segala bentuk potensi yang ada di Kota Sukabumi.

"Kemudian ini juga menjadi suatu bentuk bagaimana kurikulum merdeka bisa diterapkan dengan memancing minat dari siswa atau para pelajar untuk menggali berbagai potensi wisata, potensi pendidikan, budaya dan lain-lain," pungkasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT