Sukabumi Update

Karhutla! Lereng Karang Numpang Berkobar, Warga: Padam Saat Sukabumi Hujan

Titik api berkobar di lereng Karang Numpang Sukabumi, Sabtu siang (16/9/2023) (Sumber: istimewa/@galih_sulistyo)

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran lahan dan hutan kembali terdeteksi di Sukabumi. Warga melaporkan ada sejumlah titik api di lereng bukit karang numpang, spot wisata alam di Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (16/9/2023).

Sejumlah titik api yang terpantau sejak pukul 12.00 WIB yang makin membesar sejam kemudian diposting oleh sejumlah warga media sosial, termasuk dikirimkan ke sukabumiupdate.com. Salah satunya oleh Galih Sulistyo pemilik akun ig @
galih_sulistyo, “Karang numpang kebakaran,” tulisnya di video.

Menurut Galih, titik api terlihat jelas dari lereng yang menghadap jalan raya Palabuan 2 di Lembursitu Kota Sukabumi. “Saya ngambil gambarnya cukup jauh dari jalan lembursitu,” jelasnya.

Baca Juga: Literasi Digital Sukabumi: KKM-T 11 STKIP BMS Bangun Minat Baca di Cicukang

Api mulai terdeteksi sekira pukul 12.00 WIB. Satu dua jam kemudian makin membesar dan kobaran api memicu kepulan asap yang cukup tebal.

“Saya tidak bisa melihat apakah ada upaya pemadaman di lokasi. Tapi apinya mulai padam saat hujan gerimis turun di lembursitu. Nggak tahu kalau di lokasi kebakaran hujannya deras apa tidak. Tapi api mulai padam, sekitar pukul 14.00 WIB,” beber Galih.

Ia mengabarkan ini, agar cepat diketahui oleh petugas berwenang. “Sampai sekarang masih ada asap tipis. semoga bisa benar-benar padam,” terangnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT