Sukabumi Update

Lewat Lomba Mancing di Badong, Pemkab Sukabumi Gali Potensi Wisata Baru

Bupati Sukabumi Marwan Hamami didampingi Kadispar Sigit Widarmadi membuka Bupati Cup 2023 badong wisata mancing Palabuhanratu di Pantai Batubintang, Sabtu (16/9/2023). (Sumber : Diskominfo Kab. Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 350 peserta mengikuti Bupati Cup 2023 badong wisata pancing Palabuhanratu di Pantai Batubintang, Sabtu (16/9/2023). Lomba mancing ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) ke 153.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, peserta lomba berasal dari Jabodetabek, Bandung dan Cianjur. Satu badong (perahu pagang) terdiri dari 10 peserta dan beberapa dewan juri.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami, menyatakan, perlombaan mancing ini sebagai sarana menggali potensi wisata baru dan memajukan ekonomi masyarakat.

"Sepanjang 117 kilometer kawasan pantai terdiri dari 8 Kecamatan se-Kabupaten Sukabumi diyakini bisa menjadi penguat penambah ekonomi masyarakat di wilayah pesisir, tak lain adalah melalui lomba mancing ini," jelasnya.

Baca Juga: Disebut Badong, Nelayan Cisolok Sukabumi Pastikan Benda Karam di Google Maps Itu Kapal

Marwan menyebut, kegiatan ini dinilai dapat memdorong masyarakat untuk membuka peluang usaha baru. Dimana, selain sebagai fungsi untuk menangkap ikan, pagang juga dapat dijadikan sarana edukasi wisata.

"Ini adalah salah satu peluang bagi masyarakat pesisir, terutama bagi pemilik pagang dalam peningkatan nilai ekonomi. Seakan pagang ini kepada wisatawan sehingga bisa menambah nilai ekonomi bagi masyarakat," imbuhnya.

Marwan menegaskan, agar panitia penyelenggara beserta instansi terkait terus mengembangkan potensi ini agar menjadikannya sebagai ikon Kabupaten Sukabumi. Sehingga dapat mendatangkan wisatawan dari mancanegara.

"Terus dorong potensi ini supaya pertumbuhan masyarakat di kawasan pesisir semakin berdaya," pintanya.

Bupati mengajak kepada para peserta lomba memancing untuk menjaga dan melestarikan laut yang juga sebagai pendukung kehidupan bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Sukabumi, khususnya di wilayah pesisir.

Senada, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi Sigit Widarmadi mengatakan, lomba mancing di Badong yang memperebutkan piala Bupati Cup 2023 ini bisa menjadi salah satu potensi promosi sekaligus menumbuhkembangkan ekonomi.

Ia berharap kegiatan ini kedepannya bisa menjadi skala nasional.

“Semoga kegiatannya lancar dan pesertanya diberi keselamatan dan bisa menginformasikan tentang potensi wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi berkaitan dengan panjangnya pantai 117 km yang masuk juga Geopark Ciletuh Palabuhanratu,” tandasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT