Sukabumi Update

Beri Edukasi Kebencanaan Ala BPBD di Stand Sukabumi Expo 2023

Stand BPBD di Sukabumi Expo 2023 berikan edukasi Kebencanaan | Foto : Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi memberikan edukasi kepada masyarakat dan anak anak tentang kebencanaan di stand Sukabumi Expo 2023 di Lapang Cahergar, Palabuhanratu.

Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Kusman Hermawan mengatakan, pembukaan stand ini dilakukan untuk mengedukasi kepada masyarakat terutama kepada para pengunjung tentang kebencanaan.

"Pembukaan stand ini untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat terutama anak anak sekolah yang datang bagaimana kita menghadapi bencana, bagaimana jika terjadi bencana, juga sebelum terjadinya bencana," kata Kusman kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (16/9/2023).

Baca Juga: Perumda BPR Layani Buka Tabungan hingga Kredit di Sukabumi Expo 2023

Tidak hanya itu, kata Kusman, pihaknya juga memperlihatkan foto-foto kegiatan dan alat yang digunakan pada saat terjadinya bencana.

"Kita juga ada tas siaga bencana, trus ada komik (buku) tentang kebencanaan, terus kegiatan-kegiatan kita sudah berbentuk foto, dan juga ada mobil dumlap (dapur umum lapangan). Sebetulnya alatnya masih banyak untuk di perkenalkan, namun stand yang kita miliki tidak cukup, tapi apa yang kita tampilkan disini sudah mewakili ada alatnya juga," ucapnya.

Kusman menjelaskan, fungsi mobil dumlap adalah bila terjadi bencana, mobil tersebut dibawa ke tempat bencana untuk melayani makanan, kalau memungkinkan masuk ke tempat bencana tapi kalau pun tidak biasanya di angkut ketempat bencana agar yang terdampak bisa terlayani untuk makan mereka," ujarnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT