Sukabumi Update

32 Bulan Diuji Pandemi, Fahmi-Andri Tuntas Lima Tahun Pimpin Kota Sukabumi

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami di depan Plaza Balai Kota Sukabumi, Selasa (19/9/2023). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami memimpin apel pagi terakhirnya bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Plaza Balai Kota Sukabumi, Selasa (19/9/2023). Keduanya purnatugas pada 20 September 2023 setelah mengabdi lima tahun sejak 2018.

Suasana berubah haru ketika apel berganti sesi berjabat tangan (musafahah) antara Fahmi-Andri dengan seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Fahmi dan Andri bahkan beberapa kali terlihat mengusap air matanya yang sulit dibendung melepas masa akhir kepemimpinannya. Lima tahun sudah duet ini mengomandoi Kota Sukabumi.

Fahmi mengungkapkan banyak hal berkesan yang dialaminya selama menjadi orang nomor satu di Kota Sukabumi. Berbagai tantangan dilaluinya bersama Andri, terutama saat masa Pandemi Covid-19. Tanggal 1 April 2020 menjadi awal bagaimana pasangan ini berhasil menuntaskan penanganan wabah Virus Corona selama 32 bulan, sejak kasus positif Covid-19 pertama ditemukan di Kota Sukabumi, tepat saat hari jadi Kota Sukabumi ke-106 tahun.

"Banyak kesan, banyak memori yang tersimpan, apalagi saya dan pak wakil ini lebih banyak memimpin di masa pandemi, selama 32 bulan. Tentu itu terekam benar, memori-memori, baik masa pandemi, masa recovery, dan berbagai masa-masa yang lainnya," ujar Fahmi kepada sukabumiupdate.com setelah apel.

Baca Juga: Dicopot, Instruksi Fahmi Soal Kain Terima Kasih di Pohon-pohon Kota Sukabumi

Selain itu, menjelang masa terakhirnya memimpin Kota Sukabumi, Fahmi meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi contoh bagi warga. Dia berpesan para ASN harus melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Tak lupa, memasuki tahun politik 2024, Fahmi meminta warga tetap menjaga kondusifitas dan keamanan dengan saling menguatkan.

"Kepada warga saya titipkan, khususnya di masa mendatang, jangan bertengkar. Terlebih lagi di tahun politik yang semakin dekat. Warga jangan bertengkar walaupun ada perbedaan pilihan atau aspirasi. Mari jaga agar Kota Sukabumi tetap damai, kondusif, dan dukung pemerintah untuk program pembangunan ke depan," ujar dia.

Posisi Fahmi dan Andri selanjutnya akan digantikan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Pemprov Jawa Barat Kusmana Hartadji sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT