Sukabumi Update

Penampakan Kebun Sereh dan Cengkeh di Curugkembar Sukabumi Pasca Kebakaran

Kebun sereh/serai dan cengkeh di Curugkembar pasca kebakaran lahan pada Kamis 21 September 2023 (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kampung Cikukang Desa Sindangraja Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi, masih trauma dengan kebakaran lahan sereh dan cengkeh. Api melahap kurang lebih 2 hektar lahan, dimana hingga Jumat pagi ini (22/9/2023) menyisakan tanaman sereh atau serai dan cengkeh yang hangus.

Warga setempat menceritakan kebakaran diketahui terjadi pada Kamis siang, 21 September 2023 sekira pukul 13.40 WIB. Api berkobar dengan cepat karena kondisi lahan milik salah satu perkebunan swasta ini yang mengering dan sudah lama tak terlihat ada aktivitas.

Warga sekitar yang melihat kobaran api dan asap tebal langsung berupaya melakukan pemadaman. Ilham Ismawan pemuda kampung Cikukang menjelaskan proses pemadaman api yang berkobar cukup sulit, karena lahan kering dan akses menuju titik api sulit dijangkau.

Baca Juga: Iseng Bakar Sampah Lalu Terbawa Angin, Api Hanguskan Lahan di Baros Sukabumi

“Baru pada sekitar pukul 4-5 sore, sama warga gotong royong pakai alat seadanya,” ucap Ilham kepada sukabumiupdate.com

Menurut Ilham, warga berusaha menghalau api agar tidak mendekati pemukiman. “Untuk penyebab kebakaran tidak diketahui,” tegasnya.

Ia memastikan seluruh tanaman sereh dan cengkeh di kurang lebih dua hektar lahan yang terbakar hangus. “Kerugian juga kita tidak tahu, karena itu tanamannya perkebunan,” beber Ilham.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT