Sukabumi Update

Kawasan Hutan Kaki Gunung Jayanti Sukabumi Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

Petugas berupaya memadamkan kebakaran di kaki Gunung Jayanti Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (22/9/2023). (Sumber : SU/Ilyas)

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda kaki Gunung Jayanti, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (22/9/2023).

Kobaran api pertama kali diketahui warga sekitar pukul 13.00 WIB. Diduga peristiwa ini terjadi akibat adanya oknum warga yang sengaja membakar lahan di kaki gunung yang tak jauh dari permukiman warga tersebut. Api kemudian merembet ke bagian atas atau menjalar ke kawasan hutan.

Baca Juga: Penampakan Kebun Sereh dan Cengkeh di Curugkembar Sukabumi Pasca Kebakaran

“Si orang itu lari ke depan ke arah BMKG (Jayanti), udah itu aja, gak lihat lagi. Enggak dikejar. Cowok yang bakarnya, bapak-bapak," kata seorang warga, Beri (45 tahun), kepada awak media di lokasi.

Berdasarkan pantauan sukabumiupdate.com, kepulan asap makin membumbung tinggi sekitar pukul 15.00 WIB disertai kobaran api yang membesar akibat tiupan angin yang kencang. Hingga berita ini tayang, total ada dua unit kendaraan pemadam dan dibantu mobil water canon milik Polres Sukabumi yang berusaha memadamkan rembetan si jago merah.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT