Sukabumi Update

Api Kembali Berkobar di Gunung Jayanti Sukabumi, Ancam Permukiman

Kobaran api kembali terlihat di Gunung Jayanti Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Jumat (22/9/2023) malam. (Sumber : SU/Ilyas)

SUKABUMIUPDATE.com - Api kembali berkobar di sejumlah titik kebakaran hutan dan lahan di kaki Gunung Jayanti, Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Jumat (22/9/2023) malam.

Sebelumnya api sempat padam sekitar pukul 17.00 WIB. Namun dua jam kemudian atau sekitar pukul 19.00 WIB kobaran api kembali terlihat di sejumlah titik dan menjalar ke atas puncak gunung serta turun ke arah permukiman warga.

Komandan Pos Pemadam Kebakaran Wilayah l Palabuhanratu Aceng Ismail mengatakan, diperkirakan akibat kejadian yang terjadi sekitar pukul 13.00 WIB, api telah melahap lahan seluas dua hektare.

Baca Juga: Kawasan Hutan Kaki Gunung Jayanti Sukabumi Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

Dua unit mobil pemadam kebakaran dibantu water canon Polres Sukabumi bahu membahu dalam menangani karhutla ini.

Aceng menuturkan, titik api awal mula terjadi di lahan yang dipenuhi pohon pisang dan ilalang di belakang area perumahan Taman Sari Blok F.

"Dugaan sementara belum tahu, ada informasi ada yang melakukan pembakaran tadi siang, tapi sementara ke saya belum dengar kesaya informasinya,"ujarnya kepada sukabumiupdate.com di lokasi.

Hingga berita ini tayang, petugas pemadam kebakaran kembali diterjunkan untuk memadamkan kobaran api yang masih terlihat di beberapa titik di kawasan kaki gunung Jayanti dan mencegahnya merembet ke permukiman.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT