Sukabumi Update

Kebakaran di Gunungguruh Sukabumi Hanguskan 20 Hektare Lahan

Kebakaran lahan Gunung Karang Saung di Kampung Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (22/9/2023). (Sumber : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Dua puluh hektare lahan Gunung Karang Saung di Kampung Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi hangus terbakar, Jumat (22/9/2023).

Berdasarkan informasi yang dihimpun sukabumiupdate.com di lokasi, kebakaran bermula sekitar pukul 12:30 WIB dan kobaran api berangsur mengecil pada pukul 21:00 WIB malam.

Ketua Rt 18/04, Dadan menyampaikan, warga setempat yang mengetahui kejadian tersebut berupaya untuk memadamkan api dengan alat seadanya.

“Pertamanya itu tadi siang jam setengah 1 siang, untuk pemadamannya sama para ketua RT disini seadanya aja pake ranting pohon, pake daun pisang,” ujar Dadan kepada sukabumiupdate.com di lokasi kebakaran.

Baca Juga: Lidah Apinya Ngeri! Warga Sukabumi Rekam Kebakaran Hutan di Perbukitan Gununguruh

Ia juga mengatakan, jarak dari lokasi kebakaran menuju pemukiman warga diperkirakan mencapai 100 meter. “Kalau jarak ke pemukiman warga mah ada lah 100 meter mah, makanya sebisa mungkin kami pake ranting juga berusaha buat dipadamkan, takut ngerembet,” ucapnya.

Sementara itu, Tagana kecamatan Gunungguruh, Budi Murdani mengatakan, berdasarkan keterangan warga setempat, diperkirakan luasan lahan yang terbakar mencapai dua puluh hektare.

“Kata warga, diperkirakan luas lahan yang terbakar mencapai 20 hektare, saat ini para petugas bersama warga setempat sedang berupaya melakukan pemadaman dengan alat seadanya karena gak ada akses mobil kesini,” ungkap Budi.

Kapolsek Gunungguruh Mapolres Sukabumi Kota, Iptu Iman Suryaman mengatakan terkait dugaan penyebab terjadinya kebakaran itu masih dalam penyelidikannya karena tidak ada yang tahu pasti terkait penyebab kebakaran.

“Terkait dugaan penyebab kebakarannya sampai saat ini kami masih melakukan penyelidikan, karena tidak ada yang tahu pasti, warga sekitar juga tahu saat api sudah besar,” kata Iman.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT