Sukabumi Update

Goa Sodong Parat di Laut Ciracap-Ciemas Sukabumi, Cocok untuk Berpetualang

Goa Sodong Parat di laut selatan (Ciemas-Ciracap) Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Selain dijadikan lokasi wisata alam yang menantang oleh para petualang. Goa Laut Sodong Parat dijadikan acuan atau tanda memasuki wilayah Kecamatan Ciracap, maupun arah sebaliknya masuk wilayah Kecamatan Ciemas oleh para nelayan.

Keberadaan Goa Sodong Parat ini terdapat di satu tanjung, tak jauh dari Pantai Cikepuh, terletak antara Pantai Cikadal Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas dan Pantai Pangumbahan Desa Pangumbahan Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

"Banyak pengunjung luar daerah yang datang ke Sodong Parat," kata pegiat wisata Opick Ariosantos kepada Sukabumiupdate.com, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga: Angkernya Cagar Alam Cibanteng Sukabumi di Masa Lalu

Sodong Parat ini berada di area BKSDA Cikepuh, akses menuju Goa Laut ini bisa melalui jalan laut ataupun darat. Dari Pantai Ujunggenteng-Pantai Pangumbahan, dengan jarak sekitar 10,39 Mil melalui jalur laut, dan jarak tempuh kurang lebih 1,5 jam dalam kondisi cuaca baik.

Perjalanan lewat Pantai Cikadal maupun Pantai Palangpang bisa ditempuh menggunakan perahu selama 1 jam. "Disana sangat rekomendasi untuk bermain diving dan snorkeling," ujarnya.

"Sodong Parat juga jadi lokasi untuk bermancing, dan menjadi acuan bagi para nelayan saat mereka memasuki wilayah perairan laut Kecamatan Ciracap maupun laut Kecamatan Ciemas," imbuhnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT