Sukabumi Update

Tepergok Bongkar Kotak Amal Masjid, Remaja di Cibadak Sukabumi Diamankan

Remaja terduga pelaku maling kotak amal di Masjid Al-Hidayah, Kampung Pintu RW 09 Kelurahan/Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, saat diinterogasi, Rabu (27/9/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Remaja berinisial RD (13 tahun) tepergok sedang mencoba membongkar kotak amal Masjid Al-Hidayah di Kampung Pintu RW 09 Kelurahan/Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (27/9/2023) setelah salat Subuh.

Pengurus Masjid Al-Hidayah, Ading, mengatakan tertangkap basahnya aksi ini berawal saat salah satu warga melihat gerak-gerik RD yang mencurigakan. Warga lalu mengamati RD dan melihat dia berusaha membongkar kotak amal yang tersimpan di mimbar imam.

"Ketahuan begitu dia masuk, diperhatikan langsung ambil keropak (kotak amal). Dia bawa keropak (di sekitar) mimbar imam. Saat dihampiri ternyata keropaknya lagi dibongkar," kata Ading kepada sukabumiupdate.com.

Beruntung, sambung Ading, RD tidak menjadi sasaran kemarahan warga. Dia langsung diamankan dan diinterogasi. Ketika ditanya berasal dari mana, RD seperti tidak jujur.

"Langsung ditangkap oleh warga. Orang sini tidak ada yang kenal. Tapi dia mengaku dari Palabuhanratu, ngaku dari Ubrug," ujar Ading.

Baca Juga: Maling Bolak-balik Kuras Telur di Jalan RA Kosasih Sukabumi, Kerugian Jutaan Rupiah

RD akhirnya mengaku berencana mencuri uang dari kotak amal Masjid Al-Hidayah. "Berdasarkan pengakuan remaja tersebut, dia bermaksud menggunakan uang itu untuk ongkos pulang ke Ubrug," katanya.

Ading menyebut peristiwa serupa pernah terjadi beberapa kali selama bulan-bulan terakhir. Kotak amal warna hijau itu hilang dua kali dalam beberapa bulan ke belakang dan hampir lima kali dalam setahun.

RD kini diserahkan ke petugas Satpol PP di kntor Kecamatan Cibadak untuk didata. Petugas akan memanggil orang tua RD sebagai langkah pembinaan.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT