Sukabumi Update

Desa Hegarmanah Sagaranten Juara Pertama dalam Sukabumi Award 2023

Penyerahan penghargaan kepada Desa Hegarmanah, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, dalam Sukabumi Award 2023 di Aula Setda Palabuhanratu pada Rabu, 27 September 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Desa Hegarmanah, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, mendapat penghargaan dalam Sukabumi Award 2023 sebagai juara pertama katagori lomba desa tingkat Kabupaten Sukabumi. Penghargaan diberikan di Aula Setda Palabuhanratu pada Rabu, 27 September 2023.

Kepala Desa Hegarmanah Rana Apriliana menerima penghargaan itu secara langsung dari Bupati Sukabumi Marwan Hamami. Dia mengungkapkan penghargaan ini tentunya tidak lepas dari kerja sama Pemdes Hegarmanah, MUI, BPD, LPMD, Karang Taruna, OKP, kader, dan masyarakat Desa Hegarmanah.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Forkopimda, terutama Bupati Sukabumi dan Forkopimcam atas bimbingannya selama ini. Juga DPMD yang sudah memilih Desa Hegarmanah sebagai juara lomba desa tingkat kabupaten," ungkapnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (29/9/2023).

Baca Juga: Sambut Lebaran, Warga dan Pemdes Hegarmanah Sagaranten Sukabumi Babat Rumput Jalan

Penghargaan ini, lanjutnya, mudah-mudahan menjadi motivasi untuk lebih memacu semangat dalam membangun desa dengan kerja sama semua pihak dan dukungan warga.

Rana menjelaskan ada beberapa indikator penilaian administrasi dalam lomba desa tahun 2023 antara lain mencakup batas desa, kewenangan desa sesuai Perbup, peraturan desa tentang SOTK desa, penggunaan SISKEUDES, SIPADES, laporan aset desa, keberdayaan posyandu, peningkatan kapasitas SDM, dan inovasi desa.

Termasuk keterlibatan partisipasi masyarakat desa dalam perencanaan pembangunan desa, bidang lingkungan pengolahan sampah dan limbah, ruang terbuka hijau atau keberadaan hutan desa, pencegahan stunting, tanggap bencana, pemberdayaan UMKM, pelestarian adat budaya, serta pencegahan dan penanganan keberadaan kasus narkoba. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT