Sukabumi Update

Masyarakat Swadaya Bangun Jembatan Putus Penghubung Kecamatan di Sukabumi

Masyarakat membangun kembali jembatan gantung penghubung Kecamatan Curugkembar dan Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat secara swadaya kembali membangun jembatan gantung penghubung dua desa di Kampung Cibodas Hilir, Desa Cimenteng, Kecamatan Curugkembar, dengan Kampung Cibodas, Desa Sinarbentang, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi.

Jembatan sepanjang 30 meter dan lebar 1,3 meter itu putus tergerus air Sungai Cibodas akibat hujan deras pada Oktober 2022. Sungai Cibodas meluap dan menggerus jembatan hingga rusak dan putus. Padahal jembatan ini merupakan akses pertanian, ekonomi, dan aktivitas lainnya.

"Alhamdulillah sekarang sudah mulai dikerjakan pembangunan jembatan," kata Kepala Desa Cimenteng Herry Sobar Winara kepada sukabumiupdate.com, Jumat (29/9/2023).

Baca Juga: Jembatan Cicewol Diresmikan, BPBD Sukabumi Apresiasi Dukungan Masyarakat

"Pembangunan kembali jembatan gantung ini atas bantuan dari Yayasan Jampang Peduli (Jampe) dan Yayasan Bantu Teman Indonesia serta dibantu warga Desa Cimenteng dan Sinarbentang. Warga antusias gotong royong karena keinginan memiliki jembatan yang baru," tambah Herry.

Sementara itu perwakilan Yayasan Jampang Peduli atau Jampe, Elan, menambahkan pengerjaan pekan ini baru pembuatan galian untuk fondasi. "Adapun panjang jembatan dari tiang gapura satu ke seberang adalah 35 meter dengan material baru baik besi maupun kawat sling," katanya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT