Sukabumi Update

Data Sementara: Belum Ada Laporan, BPBD Pantau Dampak Gempa Darat Sukabumi

(Foto Ilustrasi) Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sukabumi menyatakan hingga Minggu (1/10/2023) pukul 12.00 WIB, belum diterima laporan dampak gempa bumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kabupaten Sukabumi menyatakan hingga Minggu (1/10/2023) pukul 12.00 WIB, belum diterima laporan dampak gempa bumi. Diketahui, gempa darat 5.4 magnitudo terjadi pukul 11:00:26 WIB di tenggara Kabupaten Sukabumi.

"Dari pantauan/laporan rekan-rekan P2BK (Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan) se-Kabupaten Sukabumi sampai pukul 12.00 WIB belum ada laporan masuk terdampak gempa tersebut. Sementara aman terkendali. Tapi kami masih pantau terus sampai dinyatakan tidak ada dampak," kata Manajer Pusdalops PB Daeng Sutisna.

Baca Juga: Gempa Darat 5.4 Magnitudo Guncang Sukabumi, Warga Rasakan Getaran Kuat

Baca Juga: Pedagang Ikan di Ciwaru Lompat Keluar Lapak, Gempa Darat Guncang Sukabumi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa ini berpusat di darat Sukabumi. Adapun episentrum gempa berada di 7.26 LS dan 106.60 BT (30 kilometer tenggara Kabupaten Sukabumi) dengan kedalaman 88 kilometer. Guncangan gempa dirasakan di sebagian besar wilayah Sukabumi dan daerah sekitar.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan 5.1 magnitudo. Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah Jawa Barat.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT