Sukabumi Update

Tiga Rumah Warga Rusak, Update Dampak Gempa Darat Guncang Sukabumi

Salah satu rumah warga yang rusak akibat gempa bumi darat 5.4 magnitudo pada Minggu (1/10/2023). | Foto: BPBD Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat tiga rumah warga mengalami rusak ringan akibat gempa bumi darat 5.4 magnitudo pada Minggu (1/10/2023) pukul 11.00 WIB. Ini adalah data sementara hingga Minggu pukul 19.30 WIB.

Ketiga rumah yang mengalami kerusakan ringan itu berlokasi di Kampung Cieurih RT 05/02 Desa Datarnangka, Kecamatan Sagaranten. Kemudian di Kampung Puncak Gombong RT 06/02 Desa Sirnamekar, Kecamatan Tegalbuleud. Lalu di Kampung Tarentong RT 01/03 Desa Neglasari, Kecamatan Cibadak.

BPBD Kabupaten Sukabumi dalam keterangannya menyatakan tiga kepala keluarga menjadi korban terdampak. Namun hingga saat ini mereka masih menempati rumahnya masing-masing. Berdasarkan foto-foto yang diterima redaksi sukabumiupdate.com, kerusakan ini di antaranya berupa dinding jebol.

Baca Juga: Gempa Darat 5.4 Magnitudo Guncang Sukabumi, Warga Rasakan Getaran Kuat

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa berpusat di darat Sukabumi. Adapun episentrum gempa berada di 7.26 LS dan 106.60 BT (30 kilometer tenggara Kabupaten Sukabumi) dengan kedalaman 88 kilometer. Guncangan dirasakan di sebagian besar wilayah Sukabumi dan daerah sekitar.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update 5.1 magnitudo. Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah Jawa Barat.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT