Sukabumi Update

Kobaran Api di Gunung Salak Padam, BPBD Sukabumi Catat 1 Hektare Lahan Terbakar

Kondisi pasca kebakaran lahan di lereng Gunung Salak yang masuk wilayah Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi Senin (2/10/2023). (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran yang terjadi lereng Gunung Salak tepatnya di kawasan Resort Pengelolaan Taman Nasional Wilayah (PTNW) Kawah Ratu, Kampung Cidadap RT 06/01, Desa Giri Jaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi dikabarkan telah padam. BPBD setempat mencatat lahan seluas kurang lebih 1 hektare diperkirakan hangus dilalap api dalam kejadian ini.

Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna mengatakan, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini dilaporkan terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Menurutnya, api muncul diduga akibat cuaca kemarau panjang.

"Akibatnya lahan kurang lebih seluas satu hektare habis terbakar," kata Daeng dalam keterangannya yang diterima sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Kebakaran Gunung Salak, Warga Sukabumi Sebut Pos 1 Jalur Cidadap

Ia memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini. Api berhasil dipadamkan oleh damkar dan tim gabungan sekitar pukul 16.00 WIB. Lantaran titik api jauh dari sumber air, Daeng mengatakan, penanganan dilakukan secara manual.

"Sistem gebug, kalau pendingan dari polhut dengan membawa semprotan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Humas dan Kerja Sama Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Muhammad Erlan memastikan titik kobaran api di lereng Gunung Salak tepatnya di ketinggian 1.155 mdpl itu bukan termasuk jalur pendakian dan saat ini berhasil dipadamkan.

"Sekarang alhamdulillah sudah padam, berkat kerjasama petugas BTNGHS, Kepolisian dan masyarakat setempat," ujarnya singkat.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT