Sukabumi Update

Hegarmanah Sukabumi Terdampak Kekeringan, BPBD Pasok Ribuan Liter Air Bersih

Warga desa Hegarmanah mendapat pasokan ribuan liter air bersih dari BPBD Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sukabumi turut serta dalam upaya penanganan krisis air bersih di Dusun Longkewang dan Dusun Hegarmanah, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan. Pada hari Selasa (3/10/2023), BPBD Kabupaten Sukabumi distribusikan 15.000 liter air bersih dalam kolaborasi dengan Pemerintah Desa Hegarmanah.

Petugas BPBD Kabupaten Sukabumi, Saepudin mengatakan, distribusi ini merespons permintaan air bersih dari Kepala Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan, karena mata air di desa tersebut mengalami penyusutan.

"Kami memang menghimbau masyarakat, apabila di wilayah Kabupaten Sukabumi yang mengalami kekeringan, untuk segera melaporkan kebutuhan air bersih ke pemerintah desa atau kecamatan, supaya kami segera distribusikan air bersih," ujarnya kepada sukabumiudpdate.com.

Baca Juga: BPBD Sukabumi Distribusikan 10 Ribu Liter Air Bersih di Cibadak

Sementara itu Kepala Desa Hegarmanah, Ujang Natadireja, menyatakan bahwa desanya telah mengalami kekurangan air bersih selama empat bulan, terutama di Dusun Hegarmanah dan Longkelang.

"Kami sudah mengalami kekeringan selama 4 bulan, khususnya di Dusun Hegarmanah dan Longkelang, benar-benar kekurangan air bersih," kata Ujang.

Ujang kemudian menyampaikan permohonan bantuan kepada BPBD, untuk bekerjasama menanggulangi kiisis air bersih.

"Memang kita kemarin menguhubungi BPBD, supaya bisa menghadirkan air bersih. Alhamdulillah hari ini BPBD mendistribusikannya," tuturnya.

Pendistribusian air bersih ini diharapkan menjadi agenda rutin selama kekeringan berlanjut. "Mudah-mudahan secepatnya Allah segera menurunkan hujan agar kebutuhan air bersih di Desa Hegarmanah bisa kita penuhi," pungkasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT