Sukabumi Update

Hari Kedua Clean Up: 5 Alat Berat Turun Bersihkan Sampah di Pantai Loji Sukabumi

Alat berat saat membersihkan sampah di Pantai Loji dan sekitarnya di Kampung Cibutun, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (5/10/2023). | Foto: SU/Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Lima alat berat diturunkan dalam aksi bersih-bersih sampah di Pantai Loji dan sekitarnya di Kampung Cibutun, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (5/10/2023). Ini merupakan hari kedua dari rangkaian agenda HUT TNI ke-78 yang dilaksanakan empat hari mulai 4-7 Oktober 2023.

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi sukabumiupdate.com, kelima alat berat yang digunakan untuk mengumpulkan dan memindahkan sampah ini adalah tiga backhoe dan dua wheel loader. Alat-alat berat ini menjadi pilihan utama untuk menangani gunungan sampah di sepanjang Pantai Loji dan sekitarnya di wilayah Desa Sangrawayang.

Hari pertama, Rabu, 4 Oktober 2023, ribuan orang menyerbu Pantai Loji dan sekitarnya untuk aksi clean up sampah yang digagas Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi dan menjadi rangkaian HUT TNI ke-78. Pantai Loji dan sekitarnya viral di media sosial setelah Pandawara Group menyatakan pantai ini sebagai yang terkotor nomor empat di Indonesia.

Pandawara Group kemudian menggagas clean up pantai pada 6-7 Oktober 2023. Ajakan disebar melalui video dalam Instagram @pandawaragroup pada Jumat, 29 September 2023.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Komentari Aksi Bebersih Sampah di Pantai Loji Sukabumi

Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo mengatakan Rabu kemarin sekitar 1.300 orang dari berbagai unsur, termasuk Polri dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, ikut terlibat. Bersih-bersih dilakukan di sepanjang 300 meter pesisir Pantai Loji. Adapun hamparan pantai yang dipenuhi sampah mencapai kurang lebih 2 kilometer.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi Rasyad Muharam mengatakan sampah di Pantai Loji dan sekitarnya diperkirakan mencapai 30 ton lebih, di mana didominasi sampah potongan kain atau baju. Sampah yang sudah dibersihkan kemudian diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cimenteng, Kecamatan Cikembar.

Sementara pada hari kedua ini, diperkirakan ada 100 orang lebih yang ikut bergabung membersihkan Pantai Loji dan sekitarnya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT