Sukabumi Update

Saat Warga Berburu Selfie dengan Pandawara, Aksi Clean Up Pantai Loji Sukabumi

Ditengah bebersih pesisir Pantai Loji Sukabumi, banyak warga ajak selfie Pandawara Group. (Sumber : SU/Ilyas)

SUKABUMIUPDATE.com - Hari ketiga kegiatan clean up pesisir Pantai Loji di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, masih disambut dengan antusiasme tinggi dari masyarakat.  Namun, kali ini terlihat pergeseran fokus, di mana banyak dari mereka lebih tertarik untuk berburu selfie dengan Pandawara Group.

Pantauan dilapangan, aksi bersih-bersih tersebut dimulai pada pukul 07.00 WIB, dimana aksi tersebut masih didominasi oleh personil TNI bersama Polri, namun perbedaan terlihat pada hari ini dengan kehadiran Pandawara Grup.

Salah satu warga asal Bagbagan, Ica (20 tahun) mengatakan, kedatangannya ke pantai ini, untuk mengikuti kegiatan aksi bersih bersih. Tak hanya itu, ia juga ingin berfoto bersama dengan anggota Pandawara Grup.

"Kan udah tadi (bersih bersih) sekarang mah mau Foto bersama dengan aa Pandawara," ujar Ica pada sukabumiupdate.com, Jumat (6/10/2023).

Ica mengaku bahwa ia mengetahui kelompok influencer asal Bandung tersebut dari sosial media. "Tahu dari TikTok, instagram, follow juga," kata ica.

Baca Juga: Pandawara Group Hadir, Hari Ketiga Clean Up Sampah Pantai Loji Sukabumi

Semantara itu, Anggota Pandawara Group Gilang Rahma mengatakan bahwa hari ini merupakan hari pertama pihaknya ikut terjun melakukan aksi bersih bersih di Pantai Loji tersebut.

"Pandawara seperti biasa kita berlima bersama keru untuk melakukan aksi bersih bersih pantai," ujar Gilang.

Gilang menjelaskan, bawah pihaknya melakukan aksi bersih-bersih dengan menggunakan alat manual, mengambil sampah menggunakan tangan.

"Kalau untuk Pandawara sama dengan layaknya relawan bersama masyarakat yang ikut kita pake alat manual dan juga menggunakan glove (sarung tangan) dan memakai karung yang sudah disediakan oleh pihak aparatur setempat," ucap Gilang.

Lanjut Gilang, aktifitas bersih bersih pantai ini tidak berbeda dengan pantai lain yang di datangi Pandawara Grup sebelumnya, dimana antusias masyarakat masih sama.

"Sama saja antusiasme masyarakat, kolaborasi seluruh intansi terkait dari Polres dari Dandim dan lain lain sangat luarbiasa sekali untuk membuat perubahan di pantai Sangrawayang dan Loji ini," ungkapnya.

Gilang mengungkapkan, pihaknya akan terus melakukan aksi bersih bersih di berbagai daerah lain. Hal itu agar alam yang ada di Indonesia tetap bersih dari sampah.

"Pandawara akan terus berusaha untuk terus membantu alam mendapatkan hak nya, jadi kita tidak akan berhenti  menurunkan semangat kita untuk memberdayakan lingkungan yang mengalami kerusakan," tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT