Sukabumi Update

Komitmen Jaga Kebersihan Pantai, Disbudpora Ikut Clean Up Pesisir Loji Sukabumi

Sekretaris Disbudpora Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani saat membantu bersih-bersih Pantai Cibutun Loji. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga atau Disbudpora Kabupaten Sukabumi turut serta dalam aksi clean up pesisir Pantai Loji di Kecamatan Simpenan yang digelar Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi dan Pemkab Sukabumi dalam rangka memperingati HUT TNI ke-78 yang dilaksanakan empat hari dari 4-7 Oktober 2023.

Sekretaris Disbudpora Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani yang terjun langsung dalam aksi bersih-bersih ini menyampaikan, bahwa masalah sampah di pesisir pantai yang berada di wilayah Desa Sangrawayang dan Loji itu memang sangat serius.

"Yang jelas, sampah di sini sangat luar biasa, apa yang disampaikan oleh Pandawara itu sebenarnya benar, hanya mungkin ada miskomunikasi yang membuatnya menjadi viral di seluruh Indonesia," kata Anita Mulyani, Jumat (6/10/2023).

Baca Juga: Tiga Hari Dapat 100 Ton, Butuh 2 Pekan Bersihkan Sampah Pantai Loji Sukabumi

Menurut Anita, Disbudpora Kabupaten Sukabumi mendukung sepenuhnya program pembersihan pantai Cibutun Loji ini. "Pantai yang bersih akan dinikmati oleh banyak orang, semua orang akan menikmatinya," tambahnya.

Anita juga menekankan bahwa turun tangannya Disbudpora Kabupaten Sukabumi dalam bebersih pesisir Pantai Loji ini bukan hanya dilaksanakan setelah viral, tetapi sudah menjadi komitmen dalam menjaga kebersihan pantai secara berkala.

"Sebelum viral pun, kita memang sudah sering melakukan bersih-bersih pantai bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Kabag Sumber Daya Alam. Ini bukan pertama kalinya kita melakukan kegiatan semacam ini," jelasnya.

Hasilnya sudah terlihat, dengan perkiraan bahwa sekitar 30-40 persen pantai telah bersih dari sampah. Namun, tantangan tetap ada karena sampah dari laut terus terbawa ke pantai.

"Alhamdulillah, jika kita melihat dari awal, sekitar 30-40 persen pantai sudah bersih, tetapi kita tetap harus waspada karena sampah masih terbawa ke pantai oleh ombak," ungkapnya.

Anita menggarisbawahi pentingnya peran semua pihak, termasuk masyarakat, TNI, dan Polri, dalam menjaga kebersihan pantai. Pesisir Pantai Kabupaten Sukabumi termasuk pantai terindah, dan penting untuk menjaga agar keindahannya tetap terjaga.

"Kepedulian kita semua, bukan hanya perangkat daerah, tetapi semua masyarakat yang mencintai alam dan lingkungan, TNI, Polri, semuanya bergabung untuk mencintai pantai kita," tandasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT