Sukabumi Update

Kala Bocil Turun Tangan Bersihkan Sungai yang Bermuara ke Pantai Loji Sukabumi

Sejumlah anak-anak di Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi bantu bersihkan Sungai Cidadap. (Foto: Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Momen liburan sekolah dimanfaatkan sekelompok anak-anak di Kabupaten Sukabumi dengan melakukan kegiatan bersih-bersih sungai, Minggu (8/10/2023). Adapun sungai yang dibersihkan para bocil itu yakni Sungai Cidadap yang bermuara ke pesisir Pantai Loji.

Anak-anak tersebut berusia 8-11 tahun dan merupakan warga Kampung Babakan Sempur, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan yang kesehariannya mengaji di Masjid Nurul Akmal. Mereka sejak Minggu pagi telah berkumpul di sekitar aliran Sungai Cidadap yang berada di bawah Jembatan Bojongkopo untuk mengambil sampah yang memenuhi aliran sungai yang debit airnya tengah menyusut karena kemarau tersebut.

Di bawah komando Ketua DKM Nurul Akmal, Redy Santosa, para bocil tersebut berhasil mengumpulkan 50 karung sampah dari sungai. Dalam aksi bersih-bersih sungai ini, Redy menyebut pihaknya juga berkoordinasi dengan Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi.

Ketua DKM Nurul Akmal Redy bersama para bocil dibantu anggota Kodim 0622 bersihkan Sungai Cidadap yang bermuara ke Pantai Loji.Ketua DKM Nurul Akmal Redy bersama para bocil dibantu anggota Kodim 0622 bersihkan Sungai Cidadap yang bermuara ke Pantai Loji.

"Pihak kodim mengirimkan satu orang perwakilan anggota untuk terlibat dan membantu bersih-bersih," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Redy menuturkan, sampah-sampah yang berada di sungai Cidadap tersebut didominasi oleh sampah rumah tangga.

"Diduga dibuang oleh warga yang tidak bertanggungjawab dari atas jembatan Bojongkopo. Jembatan itu sendiri merupakan perbatasan Desa Cidadap dan Desa Loji. Aliran sungai (Cidadap) di bawahnya bermuara di pantai Loji," jelasnya.

Aksi bocil di Simpenan bersihkan aliran Sungai Cidadap yang berada di bawah Jembatan Bojongkopo.Aksi bocil di Simpenan bersihkan aliran Sungai Cidadap yang berada di bawah Jembatan Bojongkopo.

Sebanyak 50 karung sampah yang terkumpul hari ini, lanjut Redy, kemudian dititipkan ke dinas terkait untuk diangkut ke TPA Cimenteng. Aksi bersih-bersih sungai Cidadap ini dalam rangka mengurangi dan mencegah sampah ke laut. Redy berharap dengan kegiatan yang dilakukan anak-anak tersebut bisa menginspirasi anak-anak lainnya.

"Saya juga mengusulkan di setiap jembatan di Sukabumi agar di pasang pagar sehingga warga tidak seenaknya membuang sampah dari jembatan ke sungai. Dan seharusnya di dekat jembatan atau ujung jembatan ada Tempat pembuangan sampah," tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT