Sukabumi Update

Atraksi Kreativitas di SMPN 6, Disdikbud Sukabumi Bicara Profil Pelajar Pancasila

Kepala Disdikbud Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat membuka Pekan Kreativitas Siswa di SMPN 6 Kota Sukabumi pada 9 Oktober 2023. | Foto: Website Pemkot Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - SMPN 6 Kota Sukabumi menggelar Pekan Kreativitas Siswa yang merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat pada 9 Oktober 2023.

Kepala SMPN 6 Kota Sukabumi, Supriadi, ketika diwawancarai menjelaskan bahwa kegiatan yang bertajuk Atraksi atau Ajang Kreativitas Antar Kelas dan Kreasi, memuat 18 kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler seperti kegiatan sosial dan budaya.

“Ada keagamaan, sosial, budaya, kegiatan pengetahuan, intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Tema kegiatan adalah Bhinneka Tunggal Ika, karena sedang marak terjadi sikap yang melanggar aturan, baik kenakalan remaja, bullying. Maka dengan kegiatan ini mudah-mudahan anak bisa memahami dengan adanya keberagaman," kata dia.

Baca Juga: Ada Lomba Ngabodor Sorangan, 98 Peserta Ikut FTBI Disdikbud Kota Sukabumi

Diharapkan melalui kegiatan ini para peserta didik bisa memahami keberagaman serta mendapatkan berbagai wawasan yang akan menjadi soft skill mereka.

“Mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya sebagaimana amanat undang-undang yakni learning to know, learning to be, learning to do, learning to live together, artinya mudah-mudahan melalui kegiatan ini anak-anak kita bertambah wawasan dan inovasi, melakukan sesuatu dengan pengalaman tersebut dan menjadikannya soft skill," jelasnya.

Sementara Kepala Disdikbud Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat menyambut baik diadakannya Atraksi yang diharapkan mewujudkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu berkebhinnekaan global, kreatif, dan memliki sifat gotong royong.

Ia pun mengharapkan kegiatan ini dapat mempersiapkan para pelajar untuk menghadapi berbagai tantangan masa depan seperti persaingan global.

“Globalisasi, pasar bebas, inilah yang akan dihadapi oleh siswa-siswi yang saat ini sedang menempuh pendidikan. Ini kita siapkan supaya mereka bisa bersaing di dunia global dan siap menerima perbedaan. Saya menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh SMPN 6 dan mudah-mudahan bisa diikuti sekolah lain," katanya. (ADV)

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT