Sukabumi Update

5 Kecamatan Terluas di Kabupaten Sukabumi, Lega Pisan!

Peta Kabupaten Sukabumi | Foto : Dok/SU

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu wilayah yang memiliki luas paling besar di Pulau Jawa. Karena ukurannya yang besar, Kabupaten Sukabumi menjadi wilayah terluas nomor satu di provinsi Jawa Barat.

Kabupaten Sukabumi juga memiliki kecamatan berukuran “jumbo” yang luasnya mengalahkan Kota terluas di Jawa Barat.

Penasaran kecamatan mana saja yang memiliki ukuran terluas? Berikut lima kecamatan di Kabupaten Sukabumi dikutip sukabumiupdate.com dari sukabumikab.bps.go.id.

Baca Juga: Terapkan Buka Tutup, Dinas PU: 1 Bulan Pengecoran Jalan Caringin-Cidahu Sukabumi

1. Kecamatan Ciemas

Wilayah dengan luas paling besar di Kabupaten Sukabumi adalah Kecamatan Ciemas. Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini memiliki luas 314,14 kilometer persegi. Ukurannya ini mengalahkan luas Kota Bekasi yang dinobatkan sebagai Kota terluas di Jawa Barat.

Ibukota Kecamatan Ciemas terletak di Desa Tamanjaya. Kecamatan Ciemas berbatasan dengan Simpenan di utara, Waluran di timur, Ciracap di selatan dan Samudera Hindia di barat.

2. Kecamatan Tegalbuleud

Posisi kedua wilayah terluas di Kabupaten Sukabumi diisi Kecamatan Tegalbuleud dengan luas sebesar 255,52 kilometer persegi.

Sama seperti Ciemas, Kecamatan Tegalbuleud juga berbatasan langsung Samudera Hindia. Di bagian utara Tegalbuleud berbatasan dengan Cidolog, Sagaranten dan Pabuaran. Sedangkan di bagian barat berbatasan dengan Cibitung dan Kalibunder.

Baca Juga: Cisaat Bakal Jadi Pusat Kota Baru di Sukabumi Barat, Dilengkapi Double Track dan Tol

3. Kecamatan Jampang Tengah

Kecamatan Jampang Tengah menjadi wilayah terluas nomor tiga di Kabupaten Sukabumi. Wilayah landlocked (terkurung daratan) ini memiliki luas 204.21 kilometer persegi.

Kecamatan yang beribukota di Desa Jampang Tengah ini berbatasan dengan Cikembar dan Gunungguruh di utara, Warungkiara di timur, Lengkong di barat daya, Pabuaran di selatan serta Purabaya dan Nyalindung di timur.

4. Kecamatan Cisolok

Kecamatan Cisolok memiliki luas sebesar 173.49 kilometer persegi dan menjadi yang terluas nomor empat di Kabupaten Sukabumi. Dilihat dari letak geografisnya, Cisolok menjadi salah dua (bersama Ciemas) sebagai kecamatan paling barat.

Baca Juga: Akun Instagram Persikabumi Official Diretas, Warganet Diminta Waspada Penipuan

Kecamatan Cisolok menjadi salah satu wilayah perbatasan Jawa Barat dan Banten. Di bagian selatan, Cisolok berbatasan langsung dengan Teluk Palabuhanratu dan Samudera Hindia. Kecamatan Cikakak dan Kabandungan berada di sisi timur Cisolok.

5. Kecamatan Simpenan

Terakhir ada Kecamatan Simpenan yang memiliki luas wilayah terluas nomor lima di Kabupaten Sukabumi. Meski paling kecil dibanding empat kecamatan di atas, wilayah Simpenan lebih luas dari Kota Bandung.

Disadur dari jabar.bps.go.id, Kota Bandung memiliki luas 167,67 kilometer persegi sedangkan Kecamatan Simpenan sebesar 170,69 kilometer persegi.

Baca Juga: Liburan Naik Kereta Sukabumi-Yogyakarta, Ongkosnya Cuma Rp 100 Ribu

Di utara, Simpenan berbatasan dengan Palabuhanratu dan Bantargadung. Di timur berbatasan dengan Warungkiara dan Lengkong. Ciemas dan Waluran berada di sisi selatan. Sedangkan di barat berbatasan dengan Teluk Palabuhanratu dan Samudera Hindia.

Penulis: Aidil F

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT