Sukabumi Update

Awalnya Bakar Lahan Sekitar, Warga Sukabumi Panik saat Api Hanguskan Kebunnya

Lahan kebun yang kebakaran di Kampung Cirangkong RT 24/06 Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (14/10/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Lahan seluas satu hektare milik warga bernama Pilip (50 tahun) kebakaran pada Sabtu (14/10/2023). Tanah kebun ini berlokasi di Kampung Cirangkong RT 24/06 Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

"Kebakaran lahan terjadi pukul 13.30 WIB. Ini berawal saat pemilik sedang membakar lahannya untuk bercocok tanam (ngebon), diperkirakan satu hektare lahan yang terbakar," kata Camat Ciracap Iwan Muhdiawan kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Rumah Petani di Ciracap Sukabumi Kebakaran, Penghuni Ungkap Dugaan Kesengajaan

Iwan menyebut saksi sekaligus pemilik kebun awalnya hanya membakar area di sekitar lahan tersebut karena akan ditanami palawija. Namun karena musim kemarau, di mana banyak daun dan alang-alang kering serta angin kencang, api merambat ke kebun di sampingnya.

Pemilik kebun saat itu panik sehingga memberi tahu warga dan Pemerintah Desa Purwasedar. "Tidak lama, unit Damkar Surade datang ke lokasi dan tidak lama pula api dapat dipadamkan. Tak ada korban jiwa dan lokasinya jauh dari rumah warga," ujarnya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT