Sukabumi Update

Cerita Warga Setiap Hari Mengantri Air Bersih Pamsimas di Purwasari Sukabumi

Antri air bersih di Desa Purwasari Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Dampak kemarau panjang, sebagian warga Kampung Purwasari RT 02/01, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi mengalami kesulitan air bersih.

Salah seorang warga, Samsu Arifin (51 tahun) mengatakan tiga RT di wilayahnya (RW 01) terdampak kekeringan, sumur-sumur warga kering. Menurutnya, warga terpaksa antri untuk mendapatkan air dari sumur bor (Pamsimas) yang berada di sekitar wilayah tersebut.

"Selama sekitar 3 bulan terakhir, sebagian warga sengaja menyimpan jerigen dan botol air mineral ini dengan harapan dapat memperoleh air bersih untuk kebutuhan sehari-hari," ungkap Samsu, Minggu (5/10/2023).

Baca Juga: Mengenal Widodo Ekatjahjana, Sosok yang Berani Blacklist 85 Desa di Sukabumi

Jadwal pengisian jerigen dan botol air mineral dimulai pagi hari dari jam 07.00 WIB hingga 11.00 WIB, dan sore harinya dari jam 15.00 WIB hingga selesai. Tergantung pada ketersediaan air di tempat penampungan yang terkadang tidak mencukupi," jelas Samsu.

Kata Samsu, jumlah antrian jerigen dan botol air mineral mencapai sekitar 300 buah, yang harus diisi dengan air bersih oleh petugas. "Semua warga di sini dengan sukarela berbagi tugas dalam mengisi jerigen-jerigen tersebut," pungkasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT