Sukabumi Update

Dikira Suara Petasan, Ternyata Lahan Bambu di Cidahu Sukabumi Terbakar

Kebakaran lahan bambu di Kampung Cidahu Wetan 07/03, Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Senin (16/10/2023) sekitar pukul 13.15 WIB. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kobaran api menghanguskan lahan bambu seluas 100 meter persegi di Kampung Cidahu Wetan 07/03, Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Senin (16/10/2023) sekitar pukul 13.15 WIB.

Salah seorang warga, Solihat (47 tahun), mengatakan, kebakaran ini pertama kali diketahui oleh seorang ibu-ibu warga sekitsr yang mendengar suara seperti petasan. Namun, setelah dilihat ke lokasi, ternyata suara tersebut berasal dari pohon bambu yang telah terbakar.

Melihat hal tersebut, saksi kemudian spontan meminta bantuan warga untuk memadamkan api. Solihat menuturkan, warga menggunakan alat seadanya, seperti ember, berusaha memadamkan api.

"Kami beramai-ramai mencoba mematikan api dengan mengambil air dari kolam menggunakan ember yang ada," kata Solihat kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Kebun Bambu Kebakaran di Ciracap Sukabumi, Lokasinya di Belakang Kantor Desa

Sementara itu Komandan Pos III Pemadam Kebakaran (Damkar) Cicurug, Hasan Basri mengatakan usai menerima laporan dari Kepala Desa Tangkil, pihaknya kemudian menurunkan satu unit damkar untuk memadamkan kebakaran rumpun bambu tersebut.

"Tim Posko Damkar III Cicurug merespons cepat, meskipun lokasi kebakaran tidak dapat dijangkau dengan mobil Damkar. Akhirnya, dipadamkan menggunakan mesin Alkone dan mengambil air dari kolam terdekat," kata Ia.

Menurut Hasan, butuh waktu 20 menit untuk memadamkan kobaran api dalam kejadian ini. Adapun penyebab kebakaran ini belum diketahui.

"Api dapat dipadamkan dengan melakukan pendinginan hingga sumber titik api benar-benar padam," ungkap Hasan.

"Selain itu, saya mengingatkan warga untuk tidak membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan, sebagai langkah pencegahan terhadap kebakaran," tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT